Latest News

Mengenal Rendeng Kedelai Dan Jerami Kacang Tanah Serta Kandungan Nutrisinya

Jerami Kacang Kedelai dan Kacang Tanah Untuk Pakan Ternak, Hijaua Alternatif Sumber Protein, Kandungan PK Mencapai 16%

Pada musim-musim tertentu ketika hijauan alami pakan ternak yang berupa rumput sulit diperoleh maka diharapkan sumber pakan lain sebagai alternatif pakan ternak pengganti hijauan. Beberapa macam limbah tumbuhan pertanian dapat menjadi pilihan hijauan pengganti pada ketika isu terkini panen tumbuhan tersebut. Salah satu jenis tumbuhan pertanian yang dapat dimanfaatkan limbahnya untuk pakan ternak ialah jenis tumbuhan kacang-kacangan ibarat kedelai dan kacang tanah.

Rendeng kedele atau daun kacang kedelai kering salah satu hasil limbah pertanian. Sebagian besar jenis ternak menyenangi rendeng kedelai ini (palatabilitas tinggi). Kurang lebih protein bergairah yang terkandung didalamnya mencapai 16%.
Jerami adalah hasil samping perjuangan pertanian berupa tangkai dan batang tumbuhan serealia yang telah kering, sehabis biji-bijiannya dipisahkan. Massa jerami kurang lebih setara dengan massa biji-bijian yang dipanen.
Ada beberapa jenis jerami kacang-kacangan yaitu; jerami kedelai, jerami kacang tanah, dan jerami kacang hijau, jerami ini mengandung serat bergairah lebih rendah dibanding jerami padi, dan mengandung protein lebih tinggi.

Di samping itu jerami kacang-kacangan rasanya lebih enak, sehingga disukai ternak dan secara alami pengaruhnya lebih baik terhadap pertumbuhan ternak dibanding jerami padi.

Kandungan gizi jerami kacang tanah antara lain; protein 14,7 %, kalsium 1,5 %, dan phospor 8,20 %.

Kandungan gizi jerami kedelai; protein 16,6 %, kalsium 1,2 %, dan phospor 0,20 %.

Pada ketika isu terkini panen kacang tanah maupun kacang kedelai maka sangat disayangkan kalau jeraminya terbuang percuma alasannya ialah kandungan protein kasarnya yang tinggi.

0 Response to "Mengenal Rendeng Kedelai Dan Jerami Kacang Tanah Serta Kandungan Nutrisinya"

Total Pageviews