Latest News

Mengenal Jenis Dan Abjad Burung Kakatua Di Indonesia


Macam-macam Jenis Burung Kakatua di Indonesia, Ciri-ciri Khas Hingga Harga Di Pasaran,  Dan Syarat Agar Bisa Menangkarkan Burung Kakatua
Kakatua (suku Cacatuidae) ialah jenis burung hias yang mempunyai bulu yang indah dengan lengkingan bunyi yang cukup nyaring. Spesies ini termasuk salah satu burung dengan kecerdasan yang cukup bagus, sehingga sering dipakai untuk acara-acara hiburan di kebun binatang atau tempat hiburan lainnya.
Burung kakatua ialah jenis burung yang berasal dari tempat Indonesia Timur, yaitu Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Tetapi Papua Nugini, Kepulauan Pasifik, dan Australia juga termasuk tempat asal kelompok burung ini. Maka tak heran, di Indonesia sendiri banyak terdapat bermacam-macam jenis burung kakatua ini.

Burung Kakatua merupakan salah satu jenis burung yang banyak di gemari oleh pencinta burung paruh bengkok di seluruh dunia,perilakunya yang khas,lucu,riang dan hebat menirukan bunyi insan menyebabkan burung ini menjadi salah satu primadona klangenan,akan tetapi sebab perburuan liar yang terus menerus di habitatnya maka burung ini terancam punah keberadaannya,terutama di wilayah Indonesia yang notabene merupakan penyumbang jenis kakatua terbanyak di dunia. Untuk melindungi keberadaan satwa langka ini,maka pemerintah menciptakan peraturannya yang tertulis dalam Undang-Undang RI No.5 Tahun 1990 ihwal Konseravasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya,yang pengaturannya lebih spesifik lagi pada pasal 21 ayat 2 dengan ketentuan pidana yang telah diatur juga pada pasal 40 ayat 2 dan 4.

Adapun jenis dan karakteristik burung abang bau tanah tersebut, antara lain :

Kakatua Tungging / Ekor Merah ( Cacatua Haematuropygia)

 Dan Syarat Agar Bisa Menangkarkan Burung Kakatua Mengenal Jenis Dan Karakter Burung Kakatua Di Indonesia
Jenis Kakatua yang terlangka di dunia bahkan terancam kepunahan sebab sering dibunuh dengan alasan dianggap sebagai hama pertanian serta penangkapan ilegal di alamnya untuk diperjual-belikan,tahun 2008 tercatat kurang dari 1000 ekor di habitatnya.
Ciri khas dari jenis ini ialah mempunyai bulu sekujur tubuh putih dengan bulu di penggalan bawah ekor berwarna jingga kemerahan dan berujung putih kekuningan,pada penggalan sayap bawah berwarna kuning pucat.
Burung arif balig cukup akal sanggup mencapai ukuran 30cm,memiliki warna bunyi serupa dengan kakatua lainnya,namun karakteristik jenis ini jauh lebih tenang.Habitat orisinil binatang ini terdapat di Filipina,terutama di wilayah Luzon tengah,Luzon Utara,Pulau Palawan, Tawitawi,Mindanao dan Masbate.
Kakatua raja (Probosciger aterrimus)

Kakatua raja ialah jenis burung kakatua yang tersebar di tempat sekitar Papua dan Australia. Burung kakaktua mempunyai bulu tubuh dan jambulnya yang berwarna hitam serta “pipi” berwarna merah tua. Jenis kakatua ini mempunyai ukuran tubuh antara 55—70 cm, untuk bulu pada tubuh dan jambulnya berwarna hitam dengan “pipi” berwarna merah tua. Kakaktua mempunyai 3 ras atau anak jenis yaitu goliath, stenolophus, dan aterrimus.

Kakatua tanimbar (Cacatua goffini)

kakatua tanimbar ialah jenis burung kakatua yang tersebar ) di P. Tanimbar (Maluku) dan sekitarnya, yaitu P. Yamdena, Larat, dan Selara. Burung tanimbar mempunyai panjang tubuh sekitar 32 cm, lalu bulu dan jambul-nya berwarna putih, serta kelopak matanya berwarna putih kebiruan dan lore (bulu di atas paruh) berwarna merah muda.

Kakatua koki atau kakatua besar jambul-kuning (Cacatua gallerita)

Kakaktua koki ialah jenis burung yang tersebar didaerah Kepulauan Maluku, Papua. Burung kakaktua mempunyai ukuran tubuh sekitar 30-52 cm, lalu bulu tubuhnya berwarna putih dengan jambul berwarna kuning dan warna kuning juga terdapat di bawah sayap dan ekor. Lingkaran mata berwarna biru pucat atau putih, tergantung ras kakatuanya dan jeritannya sangat keras melengking. Jenis kakaktua mempunyai 4 ras atau anak jenis yaitu kakatua koki medium (C. g. eleonoralC. g. aruensis) dan kakatua koki besar (C. g. triton)
Download Mp3 Burung Kicau. Selain melihat macam dan jenis kakatua ada juga artikel keistimewaan sarang burung Manyar dan juga sanggup download mp3 burung kicau, mendengarkan dan melihat video youtube bunyi tembakan burung cililin dan bunyi burung branjangan dan bunyi burung selendang biru yang nyaring dan merdu serta bunyi tembakan burung cucak ijo, bunyi gacor burung Trucukan dan download Mp3 bunyi burung kicauan untuk terapi pemulihan burung stress, di situs ini anda juga sanggup download MP3 kicauan burung lainnya seperti: kicau jalak putih, kicau anis merah, kicau anis kembang, teriakan elang bahari yang melengking, kicau burung cucak rowo, kicau gelatik, kicau lovebird, kicau burung nuri, kicau kenari, kicau poksay, kicau jalak suren, jalak putih, kicau cucak hijau, lengkingan burung falcon, kicau burung cililin untuk masteran, kicau kolibri si burung madu, kicau raja udang dan jenis burung lainnya yang akan segera menyusul. Silakan kunjungi link downloadnya dengan KLIK Download Mp3 DISINI.
Kakatua kecil jambul-kuning (Cacatua sulphurea)

Burung kakaktua kecil jambul kuning ialah jenis burung yang berasal dari Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur. Burung ini mempunyai panjang tubuh berkisar antara 33-35 cm. Jenis kakatua ini mempunyai 4 anak jenis (subspesieslras) yaitu Kakatua-kecil jambul-kuning (Cacatua sulphurea sulphurea), Kakatua putih kecil jambul jingga (C. s. titrinocristatd), dijumpai di P. Sumba, Kakatua kecil abbot (C. s. abboti) yang dijumpai di p. Masalembo dan P. Masakambing, Kakatua timor (C. s. parvula): dijumpai di Nusa Tenggara, menyerupai di P. Lombok, Sumbawa, Komodo, Rinca, Padar, Flores, Pantar, Alor, Semau dan Timor.

Beberapa ras (sub-spesies) dari Kakatua Putih Besar Jambul Kuning :
  • C.G.Eleonora : sering disebut kakatua jambul kuning medium/sedang.ciri khasnya ialah kelopak matanya yang berwarna putih,sekujur tubuhnya berwarna putih polos.Habitat aslinya ialah di Pulau Aru.
  • C.G.Triton : yang membedakan jenis ini dengan medium ialah sekujur tubuhnya berwarna putih polos dan kelopak matanya yang berwarna biru muda serta ukurannya yang lebih besar (dewasa mencapai 50cm).Habitat aslinya ialah di Papua.
  • C.G.Galerita : ukurannya serupa dengan C.G.Triton yaitu sekitar 50cm dengan ciri khas bulu putih sekujur tubuh,memiliki nuansa kuning di bulu penggalan telinga,dibawah sayap dan ekor.Warna Putih pada penggalan kelopak mata dan ukuran kepala sedikit lebih kecil.Penyebaran Kakatua ini diwilayah sekitar Australia.
  • C.G.Fitzroyi : mempunyai ukuran serupa dengan C.G.Eleonora (medium),dengan bercampur warna kuning pada penggalan telinga,di bawah sayap dan ekor.Cir khas lainnya ialah kelopak matanya yang berwarna biru muda menyerupai dengan C.G.Triton.Ukuran Paruh juga lebih besar daripada C.G.Galerita.
Habitatnya terdapat di sekitar Sungai Fitztroy,Australia Utara.
 
Kakatua maluku (Cacatua moluccensis)

Kakaktua Maluku ialah jenis burung yang berasal dari pulau rempah, Maluku, yang sudah tersebar didaerah P. Seram, Saparua, dan Haruku. Burung ini mempunyai panjang tubuh sekitar 40-50 cm, lalu bulu dan jambulnya berwarna merah muda, Kelopak matanya putih, paruhnya berwama hitam, gerakannya lambat.

Informasi Harga Burung Kakatua Berbagai Jenis
  • Burung kakatua putih Rp 3.000.000
  • Burung kakatua jambul kuning Rp 2.500.000
  • Burung kakatua goffin Rp 3.000.000
  • Burung kakatua sanguinea  Rp 2.500.000
  • Burung kakatua maluku Rp 1.500.000
  • Burung kakatua raja hitam Rp 4.000.000
  • Burung kakatua mini jambul kuning Rp 2.000.000
  • Burung kakatua rawa Rp 2.000.000
Syarat Menangkarkan Burung Kakatua. Apabila Anda ingin membuka penangkaran burung Kakatua harus memenuhi aneka macam persyaratan semoga legal diijinkan oleh pemerintah. Karena memang burung kakatua merupakan salah satu binatang yang dilindungi dan harus bersertifikat. Syarat-syarat membuka penangkaran kakatua di Indonesia sanggup dilihat berikut di bawah ini:
  1. Proposal penangkaran
  2. Surat ijin membuka penangkaran dari kecamatan setempat.
  3. Fotocopy KTP bila perorangan
  4. Fotocopy SIUP dan fotocopy KTP Direktur bila berbentuk tubuh usaha
  5. Surat pernyataan beli kakatua dari tempat penangkaran (bila kakatua di sanggup secara legal dan bila mendapatkannya secara ilegal,silahkan buat surat penawaran kepada KSDA setempat,,biasanya indukan dan anakan pertama menjadi milik negara/di hibahkan)
  6. Jika kakatua beli dari luar negeri,harus ada lampiran bukti dokumen import nya
  7. Foto-foto tempat untuk di jadikan tempat penangkaran
  8. Biaya gratis di kantor KSDA tempat masing-masing
  9. Lain-lain sanggup di konsultasikan di kantor KSDA setempat
Dari aneka macam sumber

0 Response to "Mengenal Jenis Dan Abjad Burung Kakatua Di Indonesia"

Total Pageviews