Latest News

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan Dan Betina Menurut Ciri-Cirinya

Anda Hobi Memelihara Ikan Koi? Ingin Bisa Membedakan Antara Koi Jantan dan Betina? Simak Ciri-cirinya Berikut Ini!
Ikan Koi ialah sejenis ikan yang termasuk ikan mas (Cyprinus carpio) yang memiliki ornamen yang sangat indah dan jinak. Koi biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahkan dan keberuntungan di dalam rumah dan luar rumah (kolam koi atau taman air, alasannya ialah ikan koi dipercaya membawa keberuntungan.Secara umum Ikan mas menyukai tempat hidup (habitat) di perairan tawar yang airnya tidak terlalu dalam dan alirannya tidak terlalu deras, menyerupai di pinggiran sungai atau danau. Ikan mas sanggup hidup baik di tempat dengan ketinggian 150–600 meter di atas permukaan air maritim (dpl) dan pada suhu 25-30 °C.
Ciri-Ciri Ikan Koi Jantan
  • Pada umumnya postur tubuh Ikan koi ramping dan memanjang, hal ini akan terlihat sangat terang dikala ikan koi di ukuran sekitar 30 centimeter dan terlihat lebih langsing ke arah ekor.
  • Jika Perut diraba akan terasa padat
  • Pipi ikan koi jantan cenderung lebih kasar, untuk ciri ini tidak semua hanya kecenderungan saja, alasannya ialah ada juga ikan koi jantan yang pipinya halus.
  • Bila di raba bab sirip dada ikan koi jantan maka akan terasa berangasan menyerupai ada pasir.
  • Bila Anus ditekan ikan koi jantan akan mengeluarkan cairan yang berwarna putih lengket, untuk ciri ini harus ikan koi yang sudah berakal balig cukup akal atau ikan koi yang sudah dewasa.
  • Bentuk sirip ikan koi jantan biasanya lancip berbentuk segitiga berbeda sekali dengan ikan koi betina


Ciri-Ciri Ikan Koi Betina
  • Pada umumnya tubuh ikan koi betina cenderung gemuk, dan bentuknya membulat. 
  • Badan ikan koi betina juga nampak lebih besar dari pada koi jantan pada ukuran mulai dari 30 centimeter. 
  • Apabila kita lihat dari atas tubuh koi betina tampak melebar kesamping kanan dan kiri.
  • Perut koi betina bila diraba terasa lembek.
  • Ikan koi betina memiliki pipi yang halus tidak ada koi betina yang pipi kasar.
  • Bila bab anus di tekan koi betina akan keluar kotoran.
  • Di bab sirip dada bila kita raba tidak kasar, akan terasa halus.
  • Bentuk sirip ikan koi betina biasanya bundar menyerupai kipas.
Pakan Koi

Secara garis besar, pakan ikan koi terdiri dari makanan alami dan pakan buatan. Sebagian dari pakan ikan koi terbuat dari materi sayur-sayuran, roti, cacing, dan buah-buahan. Secara alami, udang dan cacing ialah makanan yang disukai ikan koi. Ikan koi juga sanggup bertahan hidup hanya dengan memakan flora alga. Ulat juga merupakan salah satu makanan alami yang sanggup diberikan. Pakan jenis ini juga merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi ikan. Sayuran dan buah-buahan menyerupai semangka dan jeruk juga disukai koi.

Pada umumnya, jenis pelet untuk ikan koi terdiri dari: pelet sinking (tenggelam), dan pelet floating (mengambang). Untuk anakan ikan koi, biasanya diberikan pelet floating dari jenis mengapung yang lama-kelamaan sanggup tenggelam. Hal ini untuk menjangkau anakan ikan koi di setiap usia kedalaman ikan. Pakan ikan koi lokal biasanya yang dipakai ialah sankoi, cp koi, breeder pro, super save, hokky & kinkoi, dan lain-lain. Sedangkan pakan ikan koi import ialah nozomi, hikari, mizuho, konishi, saki hikari, kenkokanri, CKK, FD, evolution, yamato, shori, fuyufuji, fujizakura, daiici, aquamaster, sugiyama, LC, dan lain-lain.

0 Response to "Cara Membedakan Ikan Koi Jantan Dan Betina Menurut Ciri-Cirinya"

Total Pageviews