Latest News

Informasi Harga Sapi Potong Lokal Dan Impor Jelang Tahun 2019

Sapi Limousin

Kisaran Harga Sapi Potong Lokal dan Impor Jenis Limousin, Simental, PO, Bali, Madura dan Sapi Brahman Cross Asal Australia Jelang Tahun 2019
Sapi limousin yakni sapi yang pertama kali dikembangkan di Perancis. Sapi limousin merupakan tipe sapi pedaging dengan perototan yang lebih baik dari sapi simmental. Sapi limousin mempunyai bulu berwarna coklat bau tanah kecuali di sekitar ambing berwarna putih serta lutut kebawah dan sekitar mata berwarna lebih muda. Sedangkan Sapi Simmental yakni bangsa Bos taurus (Talib dan Siregar, 1999), Sapi ini merupakan hasil persilangan antara sapi Jerman yang besar dan berkembang biak lebih kecil pribumi ke Swiss. Sapi Simmental namanya berasal dari nama tempat di mana ternak pertama kali dibiakkan yaitu Lembah Simme yang terletak di Oberland Berner di Swiss.  Sementara itu di Jerman dan Austria sapi simental dikenal dengan nama Fleckvieh, dan di Perancis sebagai Pie Rouge.
Memasuki final tahun 2018 dan menjelang awal tahun 2019, kondisi harga sapi lokal dipasar binatang masih stabil meskipun cenderung ada sedikit kenaikkan meski tidak signifikan. Berikut ini kondisi harga estimasi untuk aneka macam jenis sapi di pasar binatang aneka macam ukuran dan umur, mulai pedet sapi bakalan, sapi potong hingga sapi afkiran.
Sapi Peranakan Ongole (PO) yakni sapi hasil persilangan antara pejantan sapi Sumba Ongole (SO) dengan sapi betina lokal di Jawa yang berwarna putih. Sapi bali (Bos sondaicus) yakni salah satu bangsa sapi orisinil dan murni Indonesia, yang merupakan keturunan orisinil banteng (Bibos banteng) dan telah mengalami proses domestikasi yang terjadi sebelum 3.500 SM, sapi bali orisinil mempunyai bentuk dan karakteristik sama dengan banteng. Sapi Madura yakni sapi potong lokal orisinil Indonesia hasil persilangan antara banteng dengan bos indicus atau sapi Zebu yang secara genetik mempunyai sifat toleran terhadap iklim panas dan lingkungan marginal serta tahan terhadap serangan penyakit.
Sapi Simental (Metal)
Info Harga Terbaru Sapi Lokal Jenis Limousin dan Simental, PO dan Sapi Afkir
  • Harga pedet kedua jenis sapi ini masih sangat bervariatif tergantung dari kualitas pedet dan juga selera pembeli. Secara umum pedet sapi limo dan metal dijual pada kisaran 7 jutaan  hingga 12 jutaan, bila dikonversi harga per kg berkisar antara Rp 65.000 - Rp 70.000 per kg untuk pedet berjenis kelamin jantan.
  • Untuk harga sapi bakalan metal berkisar antara 15 jutaan hingga 18 jutaan tergantung bobot sapi dan kualitasnya. Konversi harga per kg berkisar antara Rp 43.000 - Rp 46.000 per kg.
  • Untuk sapi metal siap potong harga tergantung besar kecilnya sapi dan juga kualitas. Harga sapi siap potong berkisar antara 17 jutaan hingga 25 jutaan tergantung bobot sapi dan kualitasnya. Harga bila dikonversi harga timbangan berkisar antara Rp 42.000 - Rp 45.000 per kg.
  • Untuk sapi jenis PO biasanya agak sedikit lebih murah, tetapi semua juga tergantung dari bobot sapi dan kualitasnya.
  • Sapi betina afkiran jenis metal, limousin dan PO dijual pada kisaran harga 14 jutaan hingga 17 jutaan, bila dikonversi ke harga berat hiduo berkisar antara Rp 35.000 - Rp 37.000 per kg.
  • Untuk harga sapi afkiran betina FH berkisar antara Rp 30.000 - Rp 33.000 per kg.
Sapi holstein atau frisia merupakan salah satu trah sapi perah yang kini dikenal sebagai sapi yang terbanyak memproduksi susu di peternakan susu. Berasal dari Eropa, sapi holstein dikembangbiakkan di tempat yang kini menjadi Provinsi Holland Utara dan Friesland, Belanda (jadi bukan dari Holstein, Jerman).
Sapi Brahman Cross
Harga Sapi Impor Jenis Brahman Cross
Sapi brahman yakni keturunan sapi Zebu atau Boss Indiscuss. Aslinya berasal dari India kemudia masuk ke Amerika pada tahun 1849 berkembang pesat di Amerika, Di AS, sapi Brahman dikembangkan untuk diseleksi dan ditingkatkan mutu genetiknya. ... Dari AS, sapi Brahman menyebar ke Australia.
  • Harga sapi impor bakalan dari Australia masih berkisar antara Rp 45.000 - Rp 46.000 per kg hingga di Indonesia. Sementara harga jualnya masih berkisar antara Rp 39.000 - Rp 42.000 per kg di rumah potong hewan.
  • Harga bakalan sapi impor sangat tergantung dari kurs, semakin lemah nilai rupiah terhadap dolar maka akan semakin mahal harga sapi bakalan bila dinilai dalam rupiah.
  • Harga pedet sapi jenis brahman cross masih berkisar antara Rp 60.000 - Rp 70.000 per kg.
Pedet Sapi Limousin
Harga Sapi Jenis Bali dan Madura
  • Harga sapi Bali masih berkisar antara Rp 38.000 - Rp 41.000 di pulau Bali, sedangkan hingga di pulau Jawa biasanya dijual pada harga Rp 41,000- Rp 43.000 per kg tergantung kualitas sapinya.
  • Harga sapi Madura berkisar antara Rp 48.000 - Rp 50.000 per kg dipasar binatang Jawa Timur.
Sapi Bali

Sapi Madura

Demikian gosip wacana harga sapi lokal dan sapi impor jelang tahun 2019, biar dapat menjadi contoh para peternak, pedagang sapi dan daging serta bermanfaat.

0 Response to "Informasi Harga Sapi Potong Lokal Dan Impor Jelang Tahun 2019"

Total Pageviews