Latest News

Harga Jerohan Offal Dan Kulit Ketika Ini Jelang 2019


Harga Terbaru Produk Sampingan Pemotongan Sapi Yang Berupa Kulit, Jerohan (Hati, Paru, Jantung, Babat) Saat Ini di RPH

Harga jerohan atau offal sapi ketika ini cenderung stabil dan memang hanya bergejolak pada musim-musim tertentu saja. Sebagai hasil sampingan pemotongan sapi ternyata jerohan dan kulit ikut memilih untung rugi dari seekor sapi sehabis dipotong. Jika harga ofal atau jerohan anjlok atau bahkan barang tidak laris maka jagal akan semakin sulit mendapat keuntungan.
Jeroan yaitu bagian-bagian dalam badan (hewan) yang sudah dijagal. Biasanya yang disebut jeroan yaitu semua potongan kecuali otot dan tulang. Tergantung dari budaya setempat, banyak sekali potongan jeroan sanggup dianggap sebagai sampah atau kuliner mahal.
Cara perhitungan harga ofal atau jerohan sanggup berbeda-beda antara 1 RPH dengan yang lainnya. Untuk RPH area Jabodetabek umumnya harga jerohan dikalkulasikan dengan berat karkas, contohnya saja harga jerohan Rp 5.000 per kg maka harga ini dikalikan dengan berat karkasnya dan bukan dengan berat jerohannya itu sendiri. Sedangkan untuk harga jerohan di RPH Jawa Timur umumnya eksklusif dikalikan dengan berat jerohannya yang tentunya harga per kgnya akan jauh lebih tinggi daripada dengan dikalikan berat karkas.

Berapa harga jerohan dan kulit ketika ini?
  • Harga kulit untuk area Jawa Timur dibedakan dengan jenis sapinya sebagai berikut:
  • Harga Kulit Sapi PO, Limousin dan Simental ketika ini berkisar antara Rp 17.000 - Rp 17.500 per kg
  • Harga Kulit sapi impor Brahman Cross asal Australia berkisar antara Rp 12.000 - Rp 13.000 per kg, berbeda jauh dengan harga di Jabodetabek yang mencapai Rp 16.000 per kg.
  • Harga Kulit sapi Bali berkisar antara Rp 18.000 an e per kg.
  • Untuk Harga Jerohan menyerupai Hati, Paru, Jantung dan Babat berkisar antara Rp 40.000 - Rp 45.000 per kg jerohan, sedangkan di Jabodetabek sekitar Rp 5.000 - 5.500 per kg Karkas.
Info harga jerohan dan kulit diatas sanggup saja berubah sewaktu-waktu dan sanggup berbeda antara RPH yang satu dengan RPH yang lainnya.
Sedangkan untuk harga karkas sapi ketika ini berkisar antara Rp 84.000 - Rp 86.000. harga daging sapi segar berkisar antara Rp 100.000 - Rp 115.000 per kg. Harga Daging kerbau impor asal India sekitar Rp 80.000 - Rp 85.000 per kg. Harga Daging sapi Impor asal Australia berkisar antara Rp 90.000 -Rp 100.000 per kg.
Catatan:

Kulit sapi ialah potongan paling luar daging sapi. Kulit sapi biasanya dikeringkan dan digoreng menjadi rambak.Setelah ternak dipotong, kulit akan kehilangan fungsinya, dan menjadi hasil ikutan yang akan segera turun kualitasnya bila tidak segera disamak atau diawetkan.

Babat yaitu daging yang berasal dari lambung hewan, biasanya sapi, yang diolah dan disantap sebagai lauk atau sebagai potongan dari kuliner lain, contohnya soto babat, nasi goreng tebas dan sebagainya.

Hati sapi yaitu potongan badan sapi yang berasal dari hati sapi. Biasanya menu yang sanggup dibentuk oleh potongan badan ini yaitu sambal goreng dan rempela ati goreng.

Paru sapi merupakan salah satu jeroan yang populer. Rasanya gurih empuk dan sanggup diolah menjadi bermacam-macam lauk enak. Namun, paru sapi segar perlu ditangani dengan benar sebelum dibumbui. Paru segar umumnya masih mengandung air dan darah.

Ekor sapi atau dalam bahasa Jawa disebut dengan Buntut sapi yaitu potongan ekor dari badan sapi. Biasanya potongan ini disajikan sebagai menu sup buntut.

0 Response to "Harga Jerohan Offal Dan Kulit Ketika Ini Jelang 2019"

Total Pageviews