Latest News

Mengenal Tiga Jenis Penyakit Kulit Pada Ternak Kuda

Kulit Kuda Poni yang lucu ini sanggup rusak akhir serangan penyakit kulit yang disebabkan alergi
Macam-macam Jenis Penyakit Kulit Pada Kuda Akibat Alergi, Ini 3 Diantaranya!
Penyakit utama yang sering menyerang ternak kuda secara umum yaitu penyakit kembung, mencret dan cacingan. Ketiga jenis penyakit ini sering menyerang kuda dan sanggup mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit. Selain itu ada satu lagi jenis penyakit kuda yang juga sering ditemukan yaitu flu dan pilek.
Kulit kuda mempunyai fungsi penting bagi kelangsungan hidup ternak ini. Kulit melindungi organ dalam kuda yang lemah, kulit melindungi kuda dari benturan terhadap benda keras, kulit kuda juga melindungi kuda terhadap hujan deras, angin puting-beliung dan tentunya panas terik matahari. Kulit kuda juga melindungi kuda terhadap serangan serangga yang berbahaya juga gangguan predator.
Selain penyakit diatas, ada beberapa jenis penyakit yang secara umum kurang berbahaya tetapi jikalau tidak ditangani sanggup mengakibatkan kualitas kuda menjadi turun lantaran rusaknya kepingan tertentu dari badan kuda tersebut. Penyakit tersebut yaitu penyakit kulit.

Penyakit kulit sanggup disebabkan oleh kuman, kuman dan lainnya. Penyakit kulit juga sanggup disebabkan lantaran alergi antara lain alergi terhadap pakan yang diberikan. Apa saja jenis penyakit kulit pada kuda yang disebabkan alergi? Berikut ini diantaranya:

Penyakit Dermatitis, Gejala dan Cara Mengobatinya

Equine dermatitis yaitu semua kondisi inflamasi dari kulit yang mensugesti kesehatan secara keseluruhan dari kulit kuda. Kulit kuda itu sendiri menjadi merah dan bersisik atau dalam masalah yang ekstrim sanggup di temukan cairan. Equine dermatitis sanggup disebabkan oleh bakteri, virus, atau alergi / sensitif terhadap zat tertentu termasuk racun serangga (gigitan).

Gejala Klinis

Seekor kuda dengan dermatitis berat biasanya akan menggaruk, menggosok, mengunyah atau menggigit di wilayah yang terkena. Ini yaitu upaya kuda untuk meringankan gatal. Tanda-tanda lain ibarat gatal-gatal (urtcaria), papula, scale dan kerak juga indikasi dermatitis. Jenis utama dermatitis pada kuda yaitu :

1. Dermatitis kontak

Jenis dermatitis yang kuda mengakibatkan benjolan merah dengan pengerasan kulit dan rambut rontok. Ini biasanya terjadi di sekitar moncong, lingkar sadel, kaki, tungkai, dan tempat lainyang kontak dengan lesi. Kulit yang sembuh menjelma putih (depigmentasi).

2. Dermatitis kontak alergi.

Bentuk dermatitis kuda juga mengakibatkan benjolan merah, pengerasan kulit dan rambut rontok. Hal ini disebabkan oleh kontak berulang atau terus-menerus dengan alergen. Dermatiti sanggup juga menyebar ke luar tempat kontak.

3. Pruritic dermatitis.

Jenis dermatitis kuda sanggup mengakibatkan gatal parah, gatal-gatal dan tanda-tanda reaksi alergi. Pruritic dermatitis umumnya disebabkan oleh gigitan serangga, nyamuk dan lalat kuda

4. Pemphigus foliaceus.

Ini yaitu kondisi yang relatif jarang disebabkan oleh reaksi alergi terhadap suatu zat pada kulit kuda. Kondisi ini awalnya menghasilkan lecet, scabs, dan kulit bersisik. Kemudian, ulcerations tampil dengan pengerasan kulit dan berdarah serum.

Pengobatan

Untuk pengobatan sanggup dilakukan perubahan administrasi pemeliharaan. Jika kuda alergi terhadap zat tertentu maka dihindarkan dari zat tersebut akan membantu meringankan gejala. Misalnya, kuda yang sensitif terhadap gigitan serangga harus dimasukkan ke sangkar sebelum pertengahan pagi dan sore, dan penolak serangga harus digunakan. Kuda dengan kondisi kulit berat atau kronis kadang kala diberi terapi cortisone, yang sanggup membantu meringankan kondisi tersebut.

Penyakit Urtikaria, Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Disebabkan oleh reaksi alergi sesuatu yang dimakan, dihirup atau disuntik, yang banyak mengakibatkan pembengkakan lunak menggumpal pada semua atau sebagian dari kulit kuda. Urtikaria yaitu indikasi pertama bahwa kuda mengalami alergi terhadap sesuatu. Ditemukan kulit epilog pundak dan perut lunak, ada plak (sedikit terangkat, pembengkakan datar-atas), bercak dan gumpalan. Kemungkinan besar bahwa ini yaitu urtikaria dan mungkin lantaran hipersensitivitas - reaksi alergi di kulit. Meskipun penampilannya kadang kala sanggup ibarat dermatitis, urtikaria jarang mengakibatkan gatal atau menyakitkan. Reaksi urtikarial sanggup terjadi karna paparan aneka macam macam jenis alergen, ibarat obat, komponen pakan. Mungkin beberapa jam, atau lebih lama, edema muncul antara eksposur dan tanda kulit. Sebagian besar alergen disebabkan oleh konsumsi (makanan), inhalasi, atau suntikan, dan menyebar ke seluruh badan melalui darah. Urticarias sanggup disebabkan oleh kontak kulit eksklusif tetapi ini jarang terjadi.

Imunologi urticarias

· Pakan: hay baru, biji gandum. Diperkirakan bahwa kuliner siap saji mengakibatkan beberapa kasus.

· Reaksi terhadap obat: penisilin dan 'Bute' sering mengimplikasi.

· Gigitan dan sengatan serangga.

· Bakteri dan virus

· Airborne agen: serbuk sari, abu materi kimia, jamur / spora jamur

Non-imunologi (fisik) urticarias

· Panas atau masbodoh

· Latihan berat (terutama pada temperatur ekstrim)

· Tekanan fisik

· Stres

· Cahaya yang berlebihan

Aspek yang perlu diperhatikan

Perhatikan Aspek administrasi kuda selama tiga atau empat ahad sebelumnya, khususnya perubahan terbaru ibarat :

· obat-obatan, ibarat vaksinasi, cacing, antibiotik

· Makanan, ibarat jerami baru, suplemen.

· Faktor-faktor fisik ibarat temperatur yang ekstrem

· Kontak faktor-faktor ibarat bilasan dan semprotan

· Faktor-faktor musiman ibarat serangga, serbuk sari

Pengobatan

Benjolan ini akan hilang dengan sendirinya hanya dalam beberapa jam , jikalau tidak kunjung hilang maka sanggup di berikan:

1. steroid, paling mudah untuk menangani masalah berulang atau kronis dari urtikaria.

2. Antihistamin tidak menghasilkan hasil yang baik pada kuda dan sanggup mengakibatkan efek samping yang sangat tidak diinginkan, paling sering laminitis.

3. Antigen desensitisasi atau netralisasi, dengan memakai bentuk "self-vaksinasi", yang kurang dipahami. Cara ini mahal, dengan hasil yang sangat bervariasi.

Jika semuanya gagal, dilakukan perubahan lingkungan, ibarat pindah ke tempat yang berbeda dikombinasikan dengan diet yang baru. Ini mungkin tidak sangat ilmiah, tapi sanggup jauh lebih irit biaya dalam jangka panjang. Jika urtikaria terus terjadi maka penyebabnya harus ditemukan dengan melihat semua aspek pada kuda dalam acara sehari-hari, ibarat pakan, suntikan, materi kimia yang digunakan, dan cuaca.

Penyakit Eczema, Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatannya

Penyakit ini disebut juga atitis atopik, lantaran reaksi dari gigitan nyamuk Culicoides. Ini yaitu penyebab utama reaksi hipersensitif alergi pada kuda. Nyamuk ini mengakibatkan gigitan menyakitkan, dan sesudah mereka menggigit, menghisap darah dari tempat tersebut. Air liur culicoides mempunyai protein absurd yang mengandung antigen yang memicu reaksi di kulit kuda dalam 6-24 jam sesudah gigitan. Reaksi mengakibatkan kemerahan dan kondisi gatal.

Gejala klinis

Gejala yang timbul sesudah tersetang penyakit ini biasanya rambut rontok, kulit kepingan perut dan ekor merah, keras, meradang. Kondisi gatal akan membatasi kuda untuk beraktifitas dengan normal. eczema tidak menular pada kuda lainnya. Ada komponen genetik untuk eczema - keturunan kuda Summer Eksim lebih rentan.

Penanganan

1. Menghentikan masalah yang aktif

Mulai dengan pemberian Suplement SE Oral dua kali sehari dalam pakan (20cc). Suplemen ini untuk menenangkan reaksi gigitan Culicoides. Tumbuh-tumbuhan akan mengurangi peradangan untuk penyembuhan dan menghentikan gatal.

2. Shampoo

Shampoo untuk menghilangkan kerak dan puing-puing bakteri. Shampoo membantu dalam penyembuhan. Gunakan tiga hari berturut-turut dan kemudian dua kali seminggu hingga kulit sembuh.

3. Enzim Quadrabiotic Salep

Setelah mengeluarkan kerak dengan Shampoo, keringkan tempat tersebut, dan pijat perlahan, olesi salep di tempat yang terkena, ini guna untuk memerangi infeksi kuman sekunder, dan menghentikan gatal.

4. RK ™ Topical Spray

Berikan RK Spray ™ topikal dua kali sehari. Untuk mengusir dan membunuh Culicoides, Kutu, Nyamuk, dan Lalat . Spray ini sangat penting dalam penyembuhan kulit.

0 Response to "Mengenal Tiga Jenis Penyakit Kulit Pada Ternak Kuda"

Total Pageviews