Latest News

3 Cara Mengatasi Induk Lovebird Yang Macet Produksi


Setiap peternak lovebird niscaya berharap burung yang dibudidayakannya cepat berproduksi. Tapi terkadang kondisi tersebut tak terwujud, karena pasangan induk tak kunjung berproduksi. Hal itu dapat disebabkan kedua lovebird yang diternaknya berjenis kelamin yang sama: jantan dan jantan, atau betina dan betina.

Kalau pasangan lovebird itu memang jantan dan betina, dan tak kunjung berproduksi, peternak kerap memvonis jikalau salah satu di antaranya infertil alias mandul / gabuk. Padahal, kondisi tersebut sanggup saja terjadi jawaban faktor lain, contohnya perawatan kurang maksimal, termasuk pemberian pakan dan pemenuhan kebutuhan lainnya.

Karena itu, dikala sepasang lovebird yang diternak tak juga kunjung berproduksi, jangan dulu berprasangka jelek dengan menganggapnya sebagai burung tidak produktif atau mandul. Siapa tahu, kondisi itu terjadi jawaban burung kurang fit, atau karena hal lain yang berkaitan dengan perawatan hariannya.
Untuk solusinya, berikut ini tips mengatasi indukan lovebird yang macet produksi.
1. Kebutuhan sinar matahari untuk induk lovebird
Banyak kasus induk lovebird yang macet produksi disebabkan kondisi burung kurang sehat. Hal tersebut biasanya terjadi jawaban burung kurang dijemur atau terlalu usang berada di daerah lembab. Untuk memulihkan kondisinya, maka penjemuran di bawah sinar matahari harus lebih rutin dilakukan.
Untuk induk yang telah berproduksi, penjemuran sanggup dilakukan sehabis anakannya disapih. Penjemuran dilakukan untuk menyiapkan kedua induk kembali berproduksi. Biasanya, penjemuran dilakukan selama beberapa jam yang dimulai semenjak pukul 08.00 hingga sebelum 10.00 / 11.00.
2. Kebutuhan pakan harus sesuai
Menjaga ketersediaan pakan ialah kepingan terpenting dalam perawatan burung kicauan sehari-hari. Adapun pakan yang diberikan pada burung di sangkar ternak dan burung kelangenan, masteran, maupun burung lomba tentunya tidak sama, terutama bagaimana mengatur kondisi birahi burung tersebut.
Para penangkar lovebird umumnya memperlihatkan pakan berupa milet putih yang dilengkapi dengan sayuran hijau. Namun untuk mendukung keberhasilan ternaknya, sekaligus mencegah induk macet produksi, peternak biasanya akan menambahkan pakan berupa jagung muda bagus sebagai extra fooding (EF) harian.
3. Kebutuhan pemanis dan multivitamin
Tidak sedikit pula induk lovebird yang macet produksi karena malnutrisi atau kekurangan nutrisi. Kondisi tersebut sanggup mengurangi kesuburan burung, serta menurunkan tingkat birahinya. Adapun solusi terbaik untuk mengatasi duduk kasus tersebut ialah menyediakan pemanis penangkaran setrik tepat.
Itulah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai solusi mengatasi burung lovebird yang macet produksi.

0 Response to "3 Cara Mengatasi Induk Lovebird Yang Macet Produksi"

Total Pageviews