Latest News

4 Cara Merawat Pleci Yang Susah Ngalas Atau Ngerol


Berdasarkan pengalaman para plecimania, burung pleci yang diperoleh dari ombyokan meski telah dirawat selama 3 bulan lebih, cenderung hanya mengeluarkan bunyi ngeriwik saja. Kalaupun sanggup bersuara ngalas, biasanya sehabis ia mendengar bunyi pleci liar atau bunyi rekaman pleci betina. Namun tak semua pleci ombyokan susah bunyi, alasannya ialah banyak juga plecimania yang berhasil menjadikannya rajin berbunyi.

Saat menentukan pleci ombyokan, selain menentukan burung jantan, kita juga harus sanggup mengamati mana pleci yang diprediksi merupakan satu koloni sewaktu di alam liar. Umumnya pleci-pleci tersebut akan saling mengikuti satu sama lainnya. Nah, burung-burung itu yang nantinya kita ambil untuk menjadi partner dari pleci yang kita anggap potensial tersebut.
Mengamati jenis pakan yang disukainya
Setelah pleci-pleci tersebut kita dapatkan, maka segera pelajari karakternya. Dengan mengenali aksara masing-masing pleci, maka kita sanggup memperlihatkan perawatan setrik tepat. Salah satu pola pengenalan aksara ialah pakan yang disukainya.
Berikut ini perawatan harian pleci menurut preferensi pakannya, atau pakan yang paling disukainya, terutama extra fooding (EF):
  • Untuk pleci yang sangat menyukai ulat hongkong, maka perawatan harian sanggup dilakukan dengan memperlihatkan ulat hongkong warna putih sebanyak 4 – 5 ekor pada pagi dan sore hari.
  • Untuk pleci yang sangat menyukai kroto, maka perawatan harian sanggup dilakukan dengan memperlihatkan kroto sebanyak satu sendok teh pada pagi dan sore hari.
  • Untuk pleci yang sangat menyukai ulat kandang, maka perawatannya pun sanggup diakukan dengan memperlihatkan ulat sangkar sebanyak satu cepuk setiap pagi dan sore harinya
Perawatan khusus bagi pleci susah ngerol
Selain perubahan dalam sumbangan pakan, pola perawatan harian yang sanggup diterapkan bagi pleci rawatan gres atau usang yang susah ngerol ialah sebagai berikut:
  • Rutin melaksanakan pengembunan, di mana sangkarnya sanggup dikerodong maupun tidak dikerodong. Jika mempunyai beberapa ekor pleci, sangkarnya sanggup digantang berjejeran. Saat pleci diembunkan, maka pakan harus sudah disiapkan dalam cepuknya.
  • Setelah matahari mulai terbit, masing-masing sangkar pleci dipisahkan agak berjauhan, sehingga mereka akan saling memangil satu sama lain. Hal ini akan merangsangnya untuk mengeluarkan bunyi ngalas atau ngerol.
  • Lakukan hal itu setrik rutin, hingga pleci-pleci tersebut terbiasa mengeluarkan bunyi ngalasnya tanpa perlu dipancing oleh bunyi pleci lain dalam satu koloninya.
  • Untuk lebih memancing pleci semoga makin rajin mengeluarkan ngalas / ngerol, maka ketika digantang berjejeran (baik ketika dijemur atau istirahat), pleci tersebut berada di tengah-tengah koloninya.
Sambil tetap melaksanakan pola perawatan teratur lainnya ibarat mandi, jemur, dan dibawa jalan-jalan, maka dalam waktu yang tidak terlalu usang pendekar Anda akan lebih rajin mengeluarkan bunyi ngalas dan ngerol, hingga alhasil siap untuk dilombakan.

sumber
omkicau.com


0 Response to "4 Cara Merawat Pleci Yang Susah Ngalas Atau Ngerol"

Total Pageviews