Latest News

Optimalkan Mental, Kekuatan Nafas Panjang Dan Vokal Lovebird Untuk Lomba


Potensi keunggulan itu bisa disederhanakan menjadi tiga kelompok, yaitu kekuatan nafas, kemampuan vokal, dan mental yang bagus. Ketiga unsur itulah yang harus menjadi perhatian dalam pembinaan burung lovebird sebelum menuju arena lomba.



Mengoptimalkan kekuatan nafas

Berikut ini beberapa trik yang paling popular dalam mengoptimalkan kekuatan nafas :
  • Melatih burung dalam sangkar umbaran
    Fungsi sangkar umbaran untuk lovebird ialah melatih nafas dan tarikan nafasnya semoga lebih panjang. Gerakan atau kegiatan lovebird selama diumbar setrik eksklusif bisa mengkremasi lemak yang tertimbun dalam tubuhnya, termasuk timbunan lemak yang menekan kantung udara dan kerap membuat tarikan nafas burung menjadi pendek dan mudah lelah.
    Selama dalam masa pengumbaran, burung perlu diberikan multivitamin sebagai penunjang aktivitasnya.
  • Terapi mandi berair kuyup
    Penggemar lovebird yang berpengalaman di arena lomba pernah memperlihatkan bocoran lain dalam rangka mendongkrak kekuatan nafas burung. Berikan terapi mandi sampai berair kuyup bagi lovebird ! Caranya? Burung disemprot menggunakan hand sprayer, yang diatur pada semprotan halus.
  • Waktu jemur yang panjang
    Setelah mandi berair kuyup, selanjutnya burung dijemur dengan porsi penjemuran yang lebih usang daripada biasanya. Yang patut dicatat di sini ialah waktu menjemur diusahakan tidak melebihi pukul 10.00.

Meningkatkan kemampuan vokal lovebird

Pelatihan vokal merupakan salah satu unsur terpenting dalam persoalan ini. Bukan hanya lovebird saja, tetapi semua jenis burung kicauan yang ingin terlihat anggun harus dilatih vokalnya, termasuk bakir menirukan bunyi burung lain. Tentu saja pembinaan vokal ini harus sesuai dengan huruf bunyi dari burung yang dilatih.
Metode pembinaan vokal yang dimaksud ialah pemasteran untuk melatih lovebird semoga mempunyai bunyi panjang, terutama dengan menggunakan tiga materi berikut ini:
1. Suara belalang emas
Suara belalang yang keras dan ngerol sanggup memaster lovebird dan membuat tarikan nafasnya bertambah panjang dan powerfull. Jenis belalang yang sepakat untuk lovebird ialah belalang emas.
2. Lovebird lain yang punya bunyi panjang
Memaster lovebird dengan burung sejenis yang mempunyai bunyi panjang juga bisa membantu memperbesar pita bunyi dari lovebird yang dimaster. Dengan demikian, burung akan mempunyai kemampuan setara dengan burung master, sebab mereka berusaha menjiplak panjang bunyi dan durasi kicauan dari lovebird masteran.
3. Suara burung tengkek
Burung tengkek populer dengan bunyi yang panjang dan volume bergairah namun mengalun. Melatih lovebird menggunakan bunyi burung tengkek diyakini akan menghasilkan burung bersuara lebih bergairah dan volume keras.
Membangun mental yang bagus
Burung yang dilombakan umumnya mempunyai mental tarung yang baik. Apa hasilnya bila lovebird yang mempunyai bunyi panjang dan volume keras, tetapi mentalnya justru jatuh saat dibawa ke lomba. Di sinilah pentingnya kita melatih mental lovebird semoga selalu dalam kondisi siap tempur. Pelatihan mental bisa dilakukan dengan banyak sekali trik, dan yang paling popular antara lain :
  1. Sering mengajak burung jalan-jalan
    Lovebird yang seing diajak jalan-jalan, baik dalam lingkungan rumah, lingkungan sekitar, atau ke latber lokal (meski tidak ikut lomba), setrik eksklusif bisa menumbuhkan perilaku latahnya dan nalurinya untuk berjaga diri. Dengan demikian, mentalnya mulai terasah dan tidak lagi demam panggung atau merasa kaget oleh bunyi burung lain yang kencang.
  2. Melatihnya dengan burung bermental baik
    Melatih lovebird untuk ditrek dengan burung sejenis yang mempunyai mental baik ialah metode latihan untuk menguatkan mental bertandingnya. Lovebird akan menjadi terbiasa melihat burung lain, dan tidak mudah ngeper begitu melihat banyak lovebird di sekelilingnya.
  3. Memahami huruf dan mood burung
    Ini agak susah dijabarkan, sebab pemilik / perawat burung tentu lebih tahu mengenai karakter, kebiasaan, dan mood burung yang ditanganinya. Jadi, silakan dicermati saja hal-hal yang disukai dan tidak disukai lovebird Anda.
Itulah tiga unsur terpenting dalam melatih lovebird semoga menjadi burung siap lomba. Tidak ada yang instan dalam perawatan burung, semuanya harus berproses.
Semoga bermanfaat.
disunting dari omkicau.com

0 Response to "Optimalkan Mental, Kekuatan Nafas Panjang Dan Vokal Lovebird Untuk Lomba"

Total Pageviews