Latest News

Mengatasi Mb Yang Sering Ngukluk Atau Ngeban-Ngeban Dikala Dilombakan


Apakah murai kerikil ngukluk itu jelek? TIDAK SAMA SEKALI. Banyak burung jawara yang maunya ngukluk melulu ketika tidak ada rangsangan bunyi yang menantang.

Murai kerikil bunyi ngukluk adalah murai batu yang bisanya cuma bersuara ngeban-ngeban (nada rendah, meski dapat terdengar sangat keras) berulang terus-menerus ketika tidak ada rangsangan bunyi dari burung atau benda lain.

Suara ngukluk biasanya diperdengarkan pada pagi hari sehabis burung akhir dirawat (mandi-jemur). Setelah fase ngukluk, biasanya burung lantas mengeluarkan bunyi ngeriwik, dapat keras dapat pelan, dan pada ketika ini biasanya bunyi isian terdengar. Menjelang tengah hari, bunyi ngukluk biasanya muncul lagi.
Ketika hari meninggalkan siang, burung mulai ngeriwik keras dengan bunyi variatif disusul fase Suara ngukluk lagi pada sore hari.
Kalau Anda merasa jengkel dengan bunyi ngukluk murai batu Anda, maka itu ialah hal wajar. Ada trik untuk menghentikannya, setrik sedikit demi sedikit selain dikerodong gelap atau diletakkan di ruangan gelap.
Semprot air dingin
Dalam perkara murai batu, maka yang Anda perlu lakukan ialah melalui terapi “semprotan air dingin”
Hal yang perlu Anda siapkan ialah semprotan air yang biasa kita gunakan untuk memandikan burung dengan trik semprot (sprayer). Siapkan semprotan dengan air higienis di dalamnya dan masukkan ke dalam almari es di cuilan sayur (bukan di freezer-nya).  Singkat kata, selalu siapkan air masbodoh di dalam sprayer, apakah itu dari almari es atau kita buat seketika dengan mencampur air dengan es, tidak begitu penting.
Ketika Anda mendengar murai kerikil Anda mengeluarkan bunyi ngukluk berulang-ulang, segera hampiri semprotan air di dalam almari es. Begitu ia mengambil jeda bunyi atau ketika masih bersuara ngukluk, semprotkan air masbodoh ke arah dia. Biasanya, hanya dengan sekali semprot ia akan terkejut dan segera berhenti berbunyi.
Oke, tunggu saja di ruang berbeda. Begitu ia mengeluarkan bunyi setan lagi, ya hampiri lagi dan semprot lagi untuk membuat ia kaget dan merasa tidak nyaman. Ulangi lagi dan ulangi lagi jikalau suatu ketika murai kerikil Anda bersuara setan lagi.
Terapi ini akan menyita waktu Anda barang 3-4 hari jikalau dilakukan setrik maraton atau dapat hingga sepekan dua pekan jikalau dilakukan setrik tidak konsisten sebab kesibukan Anda atau alasan lainnya. Dasar aliran dari terapi ini ialah kita “menghukum” burung atas sikap tertentu mereka. 

Dengan “hukuman semprot air dingin” yang mengejutkan dan membuat burung tidak nyaman, si burung akan berguru bahwa “jika saya melaksanakan ini, balasannya begini”. Nah, kalau Anda rajin mengawal “proses belajar” ini, maka murai kerikil Anda akan cepat berguru dan karenanya ia akan dengan terpaksa melupakan bunyi ngukluknya dan tidak akan pernah menyuarakannya lagi.
Jangan full kerodong
Menyetop bunyi ngukluk dengan kerodong full gelap SANGAT TIDAK DISARANKAN sebab akan menyebabkan burung stres atau bahkan kehilangan orientasi siang-malam, kurang mengonsumsi masakan dan kurang puas dalam menghibur diri/refreshing.
Meski alamiah, SUARA NGUKLUK yang bekepajangan dari hari ke hari, KARENA BURUNG PADA DASARNYA SUDAH GACOR OWOR-OWOR dapat menyebabkan rusaknya pita bunyi dan burung pun menjadi serak. Perlu Anda atasi agar burung sehat dan Anda pun merasa nyaman
semoga bermanfaat

sumber omkicau.com

0 Response to "Mengatasi Mb Yang Sering Ngukluk Atau Ngeban-Ngeban Dikala Dilombakan"

Total Pageviews