Latest News

5 Cara Alami Mengatasi Pleci Serak Dan Macet Bunyi


Burung Pleci sanggup mengalami perubahan bunyi menjadi serak setrik tiba-tiba. Semuanya tergantung dari kesehatan burung Pleci itu sendiri dan faktor lingkungan. Namun, yang paling kuat dalam perubahan bunyi burung Pleci biasanya faktor lingkungan.

Ya, lingkungan yang tidak sehat sanggup menjadikan burung Pleci mengalami gangguan tenggorokan dan berujung pada perubahan bunyi yang serak. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan, perubahan bunyi Pleci dikarenakan kesalahan sang pemilik dalam proses pemeliharaan.
Jadi, bergotong-royong perubahan bunyi burung Pleci menjadi serak disebabkan oleh banyak sekali hal. Berikut beberapa penyebab burung Pleci bersuara serak:

Penyebab burung Pleci bersuara serak

  1. Kesalahan dalam memperlihatkan pakan Pleci, terutama pakan yang sudah basi. Terkadang sebagian Pleman lupa memberikan pakan kroto yang sudah kedaluwarsa atau bacin untuk burung Pleci. Akibatnya, bunyi Pleci menjadi serak.
  2. Cuaca yang ekstrem sanggup mengganggu bunyi burung Pleci dan membuatnya serak.
  3. Akibat gangguan dan bisul jalan masuk pernapasan. Jika pernapasan burung Pleci terganggu maka akan berdampak jelek pada bunyi Pleci.
  4. Terlalu usang menjemur Pleci di bawah terik sinar matahari yang panas. Hal ini mengakibatkan tenggorokan burung Pleci menjadi iritasi dan suaranya serak.
  5. Polusi udara sanggup mempengaruhi bunyi Pleci menjadi serak. Polusi udara sanggup berasal dari mana saja, ibarat asap pembakaran limbah atau sampah, knalpot kendaraan, asap rokok, asap dari cerobong pabrik, hingga asap yang keluar dari peralatan memasak berbahan teflon yang dipanaskan.
  6. Infeksi jamur dan benalu tungau kantung udara (air sac mites) sanggup membuat bunyi burung Pleci berkembang menjadi serak.
  7. Stamina burung Pleci yang sedang menurun sanggup kuat pada bunyi Pleci. Suara yang tadinya ngalas dan ngeplong sanggup berkembang menjadi pelan dan serak.
Untuk menangani dilema bunyi Pleci yang serak, Anda sanggup melaksanakan pengobatan setrik alami. Anda tidak perlu menggunakan metabolis atau obat-obatan burung yang mengandung materi kimia. Sebab, dengan bahan-bahan alami yang didapat dari alam, Anda sudah sanggup menyembuhkan burung Pleci yang bersuara serak. Berikut beberapa metode pengobatan burung Pleci bersuara serak setrik alami:

1. Pleci serak diberi daun saga

Daun saga banyak dipakai masyarakat untuk mengatasi banyak sekali dilema verbal dan tenggorokan, ibarat sariawan, radang tenggorokan, amandel, batuk, dan sebagainya. Di samping itu, daun saga juga sanggup dimanfaatkan untuk mengatasi burung yang bersuara serak.

Beberapa lembar atau segenggam daun saga ditumbuk halus, kemudian dijemur hingga kering. Setelah itu, daun saga yang sudah menjadi tepung dicampurkan ke dalam pakan kering (voer).

2. Pleci serak diberi daun dan buah mengkudu

Beberapa lembar atau segenggam daun mengkudu dikeringkan, kemudian ditumbuk. Setelah halus, daun mengkudu tadi dicampur dengan voer sebagai pakan utama burung Pleci yang sedang serak. Kalau burung Pleci masih serak, Anda sanggup merebus tiga daun mengkudu muda dengan dua gelas air. Setelah air rebusan tinggal 1 gelas, maka tambahkan madu orisinil atau gula aren asli, kemudian dinginkan sebentar dan berikan ke burung Pleci.

3. Pleci serak diberi daun binahong

Beberapa lembar atau segenggam daun binahong direbus dengan 2 gelas air putih. Setelah air mendidih hingga tersisa kira-kira 1 gelas air, maka air rebusan tadi disaring. Nah, untuk menambah khasiatnya, Anda sanggup menambahkan 2 sendok teh madu orisinil atau gula aren orisinil ke dalam air rebusan tersebut.

4. Pleci serak diberi air teh manis

Pemberian air teh cantik tidak terlalu sulit. Air teh cantik yang sudah cuek (dingin normal, bukan cuek lantaran diberi es), disimpan dalam cepuk kecil, kemudian diberikan kepada burung Pleci yang bersuara serak. Pemberian air teh cantik sanggup tidak boleh sehabis bunyi Pleci yang tadinya serak kembali pulih atau normal.

5. Pleci serak diberi larutan penyegar rasa buah

Larutan penyegar rasa buah diberikan sebagai pengganti air minum burung setiap harinya. Tapi ingat, Anda tidak boleh memperlihatkan larutan penyegar terus menurus apabila bunyi Pleci sudah kembali normal. Anda harus menghentikan donasi larutan penyegar sehabis gejala serak pada burung Pleci mulai menghilang.
Demikian beberapa penyebab burung Pleci bersuara serak dan trik mengatasinya setrik alami. Semoga bermanfaat dan bunyi burung Pleci kesayangan Anda segera kembali ibarat sedia kala.

disunting dari banyak sekali sumber artikel




0 Response to "5 Cara Alami Mengatasi Pleci Serak Dan Macet Bunyi"

Total Pageviews