Latest News

4 Hal Ini Jangan Dilakukan Saat Membeli Burung Baru


Membeli burung yang sudah jadi, apalagi pernah juara meski hanya di even latberan, memang lebih menyenangkan. Sebab pada tahap awal kita tinggal meneruskan setingan yang dibentuk pemilik lama, sambil setrik sedikit demi sedikit mencari setingan gres yang lebih tepat.
Meski demikian, terjadinya perubahan lingkungan (seperti rumah, suasana, dan hawa yang berbeda) dan sosok perawat / pemilik yang berbeda, membuat penampilan burung belum tentu sama persis ibarat dikala masih di tangan pemilik lama.
Itu untuk burung yang relatif sudah mapan. Apalagi untuk burung yang dibeli dari pasar burung atau dari situs jual-beli online. Intinya, burung yang gres dibeli membutuhkan masa adaptasi.
Dalam masa pembiasaan itu, sebaiknya jangan lakukan 4 hal pada burung yang gres dibeli. Ketiga hal yang dimaksud yaitu sebagai berikut:
  1. Memandikan burung yang gres tiba.
  2. Mengadu dengan burung sejenis.
  3. Mengganti voer pada hari pertama burung datang.
  4. Menggantang bersahabat burung bersuara kencang
Oke, kita bahas satu-persatu!
1. Memandikan burung yang gres tiba
Memandikan burung pada hari pertama kedatangannya, apalagi burung belum sempat beradaptasi, terang akan membuatnya rawan stres.
Memang tidak setiap individu burung akan menjadi stres kalau dimandikan pada hari pertama tiba di rumah kita. Ada beberapa perkara di mana kicaumania pemula melaksanakan hal itu lantaran tak tahu, dan ternyata burungnya tidak mengalami stres.
Namun sangat disarankan untuk tidak melaksanakan hal itu. Lebih baik bersabar sambil menunggu gaco gres menyesuaikan diri selama beberapa hari di rumah Anda. Apabila hingga stres, Anda sendiri yang rugi, lantaran sudah mengeluarkan uang yang mungkin tidak sedikit, tetapi berujung pada macet bunyi.
Saran ini menjadi makin penting bagi Anda yang membeli burung bakalan, khususnya murai batu, di pasar / toko burung. Banyak sekali murai watu bakalan yang mogok makan, bahkan jatuh sakit, usai dimandikan pada hari pertama berada di rumah pemilik baru.
2. Mengadu dengan burung sejenis
Burung yang gres tiba di rumah membutuhkan ruang dan suasana yang tenang. Dalam kondisi inilah, burung akan berguru mengenali lingkungan barunya.
Terkadang kita gampang terpengaruhi untuk mendengarkan bunyi kicauannya, kemudian mengadunya atau sekadar menempelkannya dengan burung sejenis. Tujuannya semoga burung yang gres dibeli tersebut terpancing bunyi.
3. Mengganti voer pada hari pertama burung datang
Ada beberapa jenis burung yang merasa sudah nyaman dengan makanan kering atau voer. Burung ibarat ini biasanya akan menawarkan perubahan yang signifikan dikala Anda menggantinya dengan merek lain, apalagi bila warnanya berbeda.
Jika ingin mengganti voer usang dengan voer yang biasa Anda pakai, sebaiknya dilakukan sesudah satu pekan semenjak burung gres tiba di rumah. Itupun dilakukan setrik sedikit demi sedikit dengan trik mencampur dua jenis voer (lama dan baru).
Misalnya, 25% voer gres dicampur 75% voer lama. Pekan berikutnya, komposisi diubah menjadi 50 : 50. Minggu berikutnya lagi 75% voer gres dan 25% voer lama, hingga alhasil komposisi dapat 100% voer baru. Dengan trik ibarat ini, burung tidak akan kaget dengan perubahan pakannya.


4. Menggantang bersahabat burung bersuara kencang
Seperti disebutkan sebelumnya, burung yang gres tiba sebaiknya ditempatkan terlebih dulu di lokasi atau ruangan yang hening atau sepi. Kalau pun tidak mempunyai ruangan khusus yang hening dan sepi, Anda dapat mengerodongnya.
Saran ini menjadi sangat penting bagi Anda yang sudah mempunyai jenis burung lain yang punya bunyi kicauan kencang.
Burung yang  gres tiba biasanya masih celingak-celinguk. Ketika belum menyesuaikan diri sudah disuguhi bunyi kencang atau lantang, kondisinya sama ibarat burung di alam liar yang sedang diusir burung lain penguasa wilayah teritorialnya.

Itu sebabnya, jangan menggantang burung yang gres tiba pada lokasi yang terlalu bersahabat dengan burung yang bersuara kencang / lantang. Jika kondisi tak memungkinkan, burung harus dikerodong terus selama masa pembiasaan berlangsung.
Itulah 4 hal yang sebaiknya jangan dilakukan dalam perawatan burung yang gres saja dibeli.
Semoga bermanfaat.
sumber omkicau.com

0 Response to "4 Hal Ini Jangan Dilakukan Saat Membeli Burung Baru"

Total Pageviews