Latest News

3 Cara Untuk Menjinakkan Burung Yang Susah Jinak



Perlu diketahui, burung yang gres diperoleh dari tangkapan hutan, atau burung bakalan yang gres Anda beli dari pasar, jangan pribadi dimandikan atau digantung di daerah ramai. Burung sebaiknya dikarantina dulu di daerah yang tenang, agar dapat menyesuaikan diri selama beberapa hari.

Jadi, begitu burung datang di rumah, segera masukkan ke sangkar, pribadi dikerodong, dan ditempatkan pada lokasi yang tenang, tanpa gangguan baik dari burung piaraan lainnya maupun lalu-lalang manusia. Tenangkan dahulu burung selama beberapa hari, hingga mereka benar-benar hening dan dapat menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan gres di sekitar sangkarnya.
Jika burung bakalan pribadi dijinakkan dengan trik dimandikan berair kuyup, atau pribadi digantang pada lokasi yang ramai, tentu burung menjadi tidak tenang. Dia selalu curiga serta waspada kepada siapapun dan apapun di dekatnya. Gerakan sedikit saja dari kita dapat membuat burung terbang atau melompat tidak karuan di dalam sangkar.
Apabila  burung terus dipaksakan di daerah ramai, dapat dipastikan proses penjinakan akan mengalami hambatan besar, gagal, atau butuh waktu sangat usang untuk membuat burung menjadi jinak. Hal inilah yang dikeluhkan beberapa sahabat kicaumania, di mana mereka gagal dalam menjinakkan burung, meski sudah dilakukan selama berbulan-bulan.
Masih bisakah burung yang susah dijinakkan untuk didesain menjadi jinak? Tentu saja bisa. Di sini Om Kicau akan memperlihatkan tiga alternatif yang diterapkan bagi para pemilik burung dengan kasus serupa.
1. Mandi dengan trik dipegang
Mandi dengan trik dipegang sebetulnya merupakan salah satu metode yang mempunyai peluang keberhasilan tinggi daripada mandi dengan trik disemprot hingga berair kuyup.
Hanya saja, alternatif ini hanya boleh dijalankan apabila Anda sudah tahu trik memegang burung setrik benar. Jika tidak, sangat dimungkinkan burung mati alasannya yaitu tercekik di bab leher atau terimpit di bab dadanya. Karena itu, bagi yang belum pernah memegang burung, jangan ragu untuk meminta proteksi rekan-rekan kicaumania yang lebih menguasai teknik memegang burung.
Untuk memandikan burung dengan trik dipegang, diharapkan ember berisi air. Pegang burung dengan trik yang benar dan tepat, kemudian masukkan sebagian badan burung ke dalam baskom, dengan kepala di atas
Setelah itu, burung diangkat dan usap-usap tubuhnya setrik meraya dengan tangan kita. Pada burung paruh bengkok seperti lovebird, parkit, dan nuri, ritual mandi ibarat ini dapat pribadi membuat mereka jinak dalam beberapa kali perlakuan.
Tetapi pada cucak hijaukacer, atau beberapa jenis burung kicauan lainnya, terapi ini pertama kali membuat mereka kaget, juga sedikit stres, sehingga jangan heran kalau pada hari-hari awal intensitas kicauannya bakal berkurang.
Namun jika dilakukan setrik rutin, contohnya dua kali sehari, burung mulai menganggap apa yang dialaminya (mandi dengan trik dipegang), sebagai hal biasa. Lama-lama, ia akan mulai berubah perilaku dari karakternya yang giras / liar menjadi semi jinak / jinak lalat, kemudian menjadi jinak total.
2. Berikan pasangan kepada burung susah jinak
Penjinakan ini biasanya dilakukan dengan trik memandikan burung hingga berair kuyup, kemudian ditempel dengan burung betina yang sudah jinak. JIka burung betina sudah jinak total, balasannya malah lebih efektif.
Selama ditempel, burung diberikan terapi penjinakan lain ibarat memperlihatkan serangga dari tangan kita. Tapi Anda harus mencontohkan dulu pemberian pakan ibarat ini kepada burung betina yang sudah jinak di depan burung jantan yang masih giras. Dengan trik demikian, burung menganggap bahwa apa yang kita lakukan tak akan menyakitinya.
Bisa juga dengan “mempermainkan” burung betina. Misalnya menyuruh burung betina mematuki tangan kita. Ini juga untuk memberi pengertian kepada burung jantan bahwa kita bukanlah sesuatu yang menyeramkan bagi dia.
3. Proses pendekatan melalui kata-kata
Burung mempunyai naluri untuk menanggapi perkataan dari manusia, termasuk panggilan dan sapaan. Karena itu, pendekatan melalui kata-kata juga dapat menjadi alternatif lain untuk menjinakkan burung yang susah jinak.
Banyak trik yang dapat dilakukan. Misalnya ketika mau memberi pakan, Anda mengucapkan salam atau sakadar say hello. Setrik bertahap, Anda dapat meningkatkan pendekatan ini dengan mengucapkan kata-kata lain setrik lembut.
Selain ketika memberi pakan, momen yang cantik untuk mengucapkan kata-kata kepada burung juga dapat Anda lakukan ketika burung mandi, atau ketika Anda membersihkan kandang, dan sebagainya.
Sebenarnya metode ini juga cukup efektif. Terbukti banyak penggemar burung di aneka macam negara yang telah menggunakan metode ini semenjak dulu. Namun sebagian besar kicaumania di Indonesia belum terbiasa, sehingga menganggapnya sebagai metode aneh.
Semoga bermanfaat.

Disunting dari Omkicau.com

0 Response to "3 Cara Untuk Menjinakkan Burung Yang Susah Jinak"

Total Pageviews