Latest News

Tangkringan Melengkung Ini Menciptakan Mb Lebih Anteng Dan Nyeklek Ketika Bunyi


Sejak awal digantang sampai selesai penilaian, Ketu duduk anteng mengeluarkan bahan isiannya ibarat bunyi cililin, ngekek lovebird, burung-madu, kenari, serindit, burung gereja tarung, dan lain-lain.
“Gayanya duduk anteng, ngeplay sambil nyeklek di tangkringan, tanpa melompat-lompat atau bergeser,” kata Om Nanda.
Dia mendapat murai watu Ketu dari Om Ivan / Om David, kicaumania yang tinggal di Sunter, Jakarta Utara, dan sama-sama anggota Wintaco SF. Konon, burung ini dibawa dari Medan semenjak masih trotolan bersama empat anakan murai watu lainnya.
Kini murai watu Ketu hampir berumur tiga tahun. Sejak di tangan Om Nanda, prestasinya nyaris tak pernah berhenti kecuali jika sedang mabung.
Melihat umurnya yang relatif masih muda, Om Nanda masih ingin menikmati prestasi MB Ketu yang lebih jago lagi. Godaan uang bukannya tidak ada. Beberapa waktu lalu, seorang kiermaster yang disuruh bos tertentu berminat meminang Ketu seharga Rp 500 juta.
“Tawaran itu sempat membuat hati tergoda. Tapi nggak dululah, masih sayang… STNK-nya kan masih panjang. Burung masih muda tapi sudah langganan juara,” kata Om Nanda.
Perawatan harian murai watu Ketu
Kendati sudah dibeli Om Nanda, perawatan sehari-hari murai watu Ketu tetap dipegang Om Ivan. Porsi jangkrik untuk harian maupun jelang lomba sama, yaitu 5 ekor pada pagi hari dan 5 ekor sore hari.
Adapun mandi dilakukan setiap hari. Penjemuran juga setiap hari dengan durasi 2 jam. Kandang umbaran juga menjadi daerah kesehariannya sebelum berlomba.
Jika sudah berada di lapangan, Ketu harus dijauhkan dari murai watu lainnya untuk menghindari saling tempur dengan burung sejenis sebelum digantang.
Keunikan lain dari murai watu Ketu yaitu model tangkringannya, terutama bab atasnya yang melengkung ke bawah. Tangkringan ini terbuat dari batang pohon asem.
“Model tangkringan melengkung itu sudah menjadi kebiasaan Ketu semenjak masih anakan. Dengan model ibarat itu, kerjanya lebih maksimal. Burung lebih anteng di tangkringan dan nyeklek ketika bunyi,” tandas Om Ivan.
disunting ulang dari omkicau.com

0 Response to "Tangkringan Melengkung Ini Menciptakan Mb Lebih Anteng Dan Nyeklek Ketika Bunyi"

Total Pageviews