Latest News

Dengan Settingan Ini Lovebird Dapat Tetap Moncer Juara Walau Ditinggal Sibuk Bekerja


Sebagian lovebird lkelewat / overs terkendala kesibukan kerja, sehingga tidak sanggup merawat burungnya setrik maksimal. Padahal banyak di antara mereka yang ingin sesekali mengikuti lomba, menjajal lovebird hasil rawatannya, sekaligus sanggup mengurangi kepenatan selama 5-6 hari bekerja. Nah, ini ada tips menarik dari Arvabird, siapa tahu sanggup mengatasi hambatan tersebut.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam merawat lovebird lomba bagi yang sibuk kerja adalah kondisi lokasi atau ruangan di mana lovebird digantang sehari-hari. Usahakan ada ruangan khusus di mana burung sanggup mendapat sinar matahari setrik cukup, khususnya pada pagi dan siang hari.
Usahakan ventilasi / jendela menghadap ke timur, sehingga jikalau Anda tidak sempat melaksanakan ritual penjemuran, burung otomatis terkena sinar matahari pagi.
Sirkulasi udara juga mesti diperhatikan. Anda sanggup memperbaiki atau menambahkan lubang-lubang pada dinding ruangan. Kondisikan situasi ruangan terasa alami dan sejuk, dengan trik menempatkan tanaman atau membuat kolam kecil dengan pompa air, sehingga terdengar bunyi gemericik air.
Setting harian
Untuk setting harian, tentunya harus diadaptasi dengan jadwal kerja masing-masing. Intinya, pakan harian jangan pernah diubah-ubah. Adapun extra fooding (EF) dan vitamin sanggup diberikan 2-3 kali per minggu.
Setiap pagi, sebelum berangkat kerja, buka kerodong. Apabila mempunyai dua ekor lovebird atau lebih, antara kandang yang satu dan lainnya diberi sekat.
Sepulang kerja, baik sore atau malam hari, lakukan ritual mandi malam dengan mencabut pakan dan  minum terlebih dulu. Setelah itu burung diangin-anginkan hingga bulunya kering, lalu pasang kerodong kembali.
Setting menjelang lomba
Seminggu, atau minimal 3 hari menjelang lomba, setiap hari kita lihat kondisi lovebird terlebih dulu. Cek apakah burung terdengar rajin ngekek, atau badannya terlihat kencang (tidak menggelembung). Jika ya, maka lovebird layak untuk dilombakan.
Tetapi kalau burung terlihat sering menggelembung dan tidak fit, lebih baik jangan dilombakan dulu, daripada KO ketika lomba. Lebih baik berikan asupan vitamin semoga kondisinya membaik.
Kalau memang layak dilombakan, maka mulai H-3, Anda sanggup memperlihatkan EF dan multivitamin untuk menambah staminanya semoga fit ketika berlaga di arena lomba. Saat di lapangan, sesuaikan settingan lomba ibarat kebiasaan masing-masing.
Demikian tips Arvabird mengenai trik merawat lovebird lomba bagi yang sibuk bekerja.
disunting ulang dari omkicau.com

0 Response to "Dengan Settingan Ini Lovebird Dapat Tetap Moncer Juara Walau Ditinggal Sibuk Bekerja"

Total Pageviews