Latest News

5 Tahapan Menciptakan Burung Love Bird Rajin Bertelur


Beternak lovebird, kesabaran jadi wacana yang mutlak untuk membuat lovebird produktif bertelur. Sebabdapat saja lovebird berhenti bertelur karena sekian banyak aspek. Supaya lovebird mempunyai anak yang tidak sedikit, ada sekian banyak Tips yg mesti dilakukan.


Beberapa penyebab lovebird tidak segera bertelur
Dalam penangkaran lovebird, sebagian breeder mungkin pernah menjumpai burung betina yang tidak kunjung bertelur, meski beliau sudah mempunyai pasangan. Ini bisa terjadi dalam kondisi burung betina dikawini atau tidak dikawini burung jantan.
Kegagalan burung betina dalam menghasilkan telur bisa disebabkan beberapa hal. Yang paling sering terjadi antara lain :

  • Penangkar tidak mempunyai catatan mengenai umur induk, khususnya induk betina. Jika tidak mengetahui umurnya, sangat dimungkinkan burung betina yang dipakai belum mencapai umur remaja kelamin, sehingga memang belum bisa bertelur. Sebagai ancar-ancar, pilihlah lovebird betina non-klep umur 5 – 7 bulan, atau lovebird klep umur 8 – 12 bulan, sebagai calon induk.
  • Karena lovebird termasuk burung monomorfik seksual, atau penampilan burung jantan dan betina mirip, sangat dimungkinkan burung yang seakan-akan berjodoh yaitu sama-sama berkelamin jantan. Jadi, kita tunggu hingga bertahun-tahun niscaya tidak akan pernah bertelur, he.. he…
  • Burung betina yang dipakai merupakan persilangan antara lovebird klep dan non-klep. Keturunan / filial pertama (F1) dari hasil persilangan ini, atau biasa disebut semi-klep, sebagian besar bersifat infertil. Pada beberapa kasus, burung betina semi-klep juga gagal menghasilkan telur.
Mengingat lovebird membutuhkan 21 hari buat mengerami, serta 2 bulan buat menyapih anak dengan trik normal, sehingga amat sangat sedikit dalam satu tahun. 

Ada 5 Tips Jitu Agar Burung Love Bird Supaya Rajin Bertelur yang harmonis di kala beternak berikut triknya : 

1. Pakan 
Perhatikan makanan burung, beri makanan berfariasi tiap-tiap harinya supaya burung tak bosan serta vitamin yang terjaga. Memberi milet yang merupakan makanan penting, tapi makanan penambahan ibarat kangkung, kecambah, jagung, amat difungsikan. Jikalau Kamumemiliki rejeki lebih, juga sanggup ditambahkan tambahan yang sanggup di dapatkan di pet shop. Suplemen berbentuk cairan yang di campur bersama air minum, memberi tiap-tiap hari. Suplemen tidak sedikit macamnya, ada yang untuk daya tahan tubuh, bulu yang sehat sertauntuk membuat burung untuk segera bertelur. 

2. Suasana 
Lovebird bisa saja setress karena suasana yang tak nyaman, bila mau senantiasa produktif usahakan sangkar  dan suasana nyaman. Sirkulasi hawa amat sangat butuh, karena lovebird gemar dengan udara sejuk. tambah baik di tempatkan di area yang tenang, alasannya yaitu tak mengganggu proses pengeraman.
Keterangan : 
Bila suasana ramai, lovebird sanggup terganggu, merasa diintai maka burung tak bisa mengeram dengan nyaman. 

3. Glodok 
Bersihkan glodok (area bertelur) tiap-tiap kali habis menetas, kebersihan ruang bertelur benar benar mutlak buat menghindari penyakit yang barangkali tiba tiap-tiap waktu. Pakai materi yang nyaman supaya induk betah di dalamnya, menggunakan kulit jagung kering, potongan kayu, dan serabut kelapa. 
Keterangan :
Usahakan pilih glodok yang besar, karena nantinya bisa jadi anak lovebird menetas tidak sedikit, sanggup 4 bahkan 6. Teramat tak nyaman apabila glodoknya terlampau kecil. 

4. Batu bata dan asinan 
Batu bata dan asinan bisa di taruh di dalam sangkar burung yang Kamu ternak. Asinan dari tulang sotong untuk vitamin penambahan, sedangkan watu bata buat pencernaan burung, watu bata pun bermanfaat buat memperkuat telur supaya tak pecah. 
Keterangan :
Sebaiknya watu bata di hancurkan kecil-kecil serta ditaruh wadah khusus. 

5. Pisahkan anakan 
Memisahkan anakan tak kalah utama supaya indukan senantiasa bertelur, karena apabila anakan di pisah, indukan merasa tak punya tanggung jawab lagi mengasuh anak, mereka bakal bertelur kembali. 

Keterangan :
Pemisahan dilakukan sehabis anakan berusia 10 hari, anakan tak terlampau Kecil untuk di loloh sendiri. Tetapi seandainya mau tak repot, sanggup di ambil hari ke 12, anakan semenjak mulaimembuka mata. 

Demikian 5 Tips Jitu Agar Burung Love Bird Supaya Rajin Bertelur tetapi membutuhkan ketelatenan. Mudah-mudahan  burung ternak Kamu makin banyak dan sehat.

semoga bermanfaat.

disunting dari banyak sekali sumber

0 Response to "5 Tahapan Menciptakan Burung Love Bird Rajin Bertelur"

Total Pageviews