Latest News

Melihat Ciri Murai Medan


Tips burung - Burung Murai kerikil menyerupai kita ketahui banyak jenisnya menurut asal burung, menyerupai Murai borneo, Murai Medan, Murai lampung maupun Murai kerikil bordan.
Melihat ciri fisik burung Murai batu bisa dijadikan pola untuk kita membedakan antara Murai Medan orisinil dengan Murai Borneo atau Murai Lampung.

Burung Murai batu
Tapi bagaimana cara melihat dan membedakan ciri Burung Murai Batu dari Medan yang orisinil ?

  • Murai medan mempunyai tubuh yang besar akan tetapi terlihat proporsional alasannya ialah berbadan besar namun body panjang sehingga terlihat proporsional.
  • Perhatikan pada bab tengah atas kepalanya, akan terlihat warna biru renta mengkilap kalau terkena sinar matahari/cahaya.
  • Jika masih muda, warna kakinya berwarna merah kehitaman, sedangkan Murai medan yang sudah cukup umur warna kakinya akan terlihat bersisik dan membentuk belimbing “seperti buah belimbing”.
  • Terdapat bercak berwarna putih bulatan-bulatan besar maupun kecil pada pangkal ekor sampai paha kaki.
  • Murai medan populer mempunyai ciri gampang menirukan suara-suara burung lain, namun hal yang lebih menarik dari murai medan yaitu bunyi kicaunya yang cenderung lebih keras dan terkesan ngebas.
  • Selain mempunyai bunyi dengan huruf keras dan ngebas, Murai medan juga mempunyai ciri lain yaitu mempunyai kemampuan memainkan ekor putihnya dikala sedang terpancing emosinya dan melihat musuh murai lainnya. Ketika dalam kondisi emosi dan marah, biasanya Murai medan akan memainkan ekor putihnya diselingi dengan bunyi kerete...keretek atau kecrek..kecrek disertai juga dengan membuatkan bulu pada dadanya.

Demikian Sobat Kicau mania sedikit ulasan mengenai ciri burung Murai kerikil Medan, artikel ini disadur dari aneka macam sumber yang terpercaya dan ditulis ulang di blog ini. Salam kicau, biar bermanfaat.


0 Response to "Melihat Ciri Murai Medan"

Total Pageviews