Latest News

4 Cara Dasar Sukses Beternak Burung Pleci

Burung pleci mulai ramai digemari di indonesia khususnya pada tahun 90an dan makin popular pada tahun 2012 dengan banyaknya peternak dan lomba kicauan pleci di seluruh penjuru indonesia. Selain alasannya harga yang relatif terjangkau, burung pleci juga gampang didapatkan di lingkungan terdekat kita bagi anda yang dulu sering memperhatikan burung koloni yang bergerombol dari pohonan satu kepohonan lain walaupun pada tahun belakangan ini kita sudah jarang melihat hal tersebut alasannya pemburuan massal.


Bicara soal ternak pleci, ternyata burung ini juga mempunyai tingkat kesulitan dalam tahap penangkaran. Kebanyakan gagalnya peternak pemula dikala menangkar ialah ketika menghadapi huruf pleci yang jelek ibarat mengacak-acak sangkar, sulit berjodoh antara jantan dan betinanya kemudian satu lagi problem yang suka muncul ialah pleci rentan mati. 

Kebiasaan mengacak-acak sangkar kemungkinan dilakukan pleci ketika mereka merasa terganggu ibarat dikala kita mencoba mengintip keberadaan mereka di sarang, tetapi hal tersebut biasanya dilakukan pasangan pleci alasannya belom terbiasa dengan kehadiran insan dan mereka sanggup merubah kebiasaan itu ketika mereka merasa insan bukan penggangu.

Apapun problem yang terjadi bekerjsama ada 4 faktor paling penting untuk menciptakan penangkar pleci sukses beternak burung pleci, hal penting tersebut akan kita kupas semuanya sebagai pemikiran anda pada dikala beterak pleci.

cara jitu membedakan jenis kelamin pleci, kemudian pastikan juga umur sang betina berumur 1 tahun atau lebih dan jantan berumur 2 tahun.

Setelah kita mengetahui jenis kelamin pleci gres lah kita masuk ke fase penjodohan, ada dua cara menjodohkan pleci yaitu dengan cara menempelkan sangkar pleci jantan dan betina dengan jarak bersahabat dan yang kedua ialah memasukan beberapa pleci jantan dan betina di satu sangkar koloni.

Metode menempelkan sangkar pleci jantan dan betina secara berdempetan umumnya dilakukan selama 1 ahad dengan cara memantau mereka siang dan malam, dongkrak birahi mereka dengan jangkrik hal ini akan semakin terlihat apakah pleci tersebut jodoh atau tidak.

Beberapa faktor penjodohan yang sanggup diperhatikan ialah kalau jantan merayu betina dengan gaya kicauanya kemudian sang betina terlihat mengibas-ngibas sayap mereka ini menandakan bahwa mereka siap kawin, tapi tunggu dulu pastikan juga dikala malam mereka tidur berdekatan dengan sangkar terpisah sehabis itu anda sanggup memasukan mereka berdua jantan dan betina di sangkar soliter.

4. Pemilihan indukan
Terakhir ialah faktor pemilihan indukan, dimana penangkar niscaya menginginkan pleci yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik. Pilih indukan betina yang mempunyai huruf yang manis contohnya indukan betina semi jinak hal ini dilakukan biar indukan betina tidak gampang stress dikala masa betelur dan pengeraman. ( baca: cara menjinakan pleci giras )

Pilih jantan yang sudah buka paruh biar keturunanya juga sanggup mempunyai keunggulan ibarat itu juga dan sanggup lebih gampang diprospek untuk lomba dikala mereka cukup umur nanti.




Sekian sudah artikel tentang cara beternak pleci semoga artikel ini sanggup membantu penagkar pemula yang sedang merintis bisnis menangkar pleci mereka.


Rekomendasi artikel

0 Response to "4 Cara Dasar Sukses Beternak Burung Pleci"

Total Pageviews