Latest News

Kepodang Sikuning Dilindungi Yang Hampir Punah


Tips burung - Burung Kepodang termasuk salah satu burung yang cukup legendaris dan mempunyai nilai sejarah tersendiri bagi masyarakat Indonesia.
Kepodang merupakan burung hutan dengan badan yang cukup besar mempunyai warna bulu kuning, mempunyai alunan bunyi kicauan yang cukup keras membahana namun tetap lezat didengar dan merdu.

 Burung Kepodang termasuk salah satu burung yang cukup legendaris dan mempunyai nilai sejar Kepodang sikuning dilindungi yang hampir punah
Burung Kepodang, sumber foto omkicau
Kepodang mempunyai nilai sejarah tersendiri terutama bagi masyarakat Jawa, sebab mempunyai nilai sejarah tersendiri di hati masyarakat Jawa, menyebabkan burung Kepodang ditetapkan sebagai maskot Propinsi oleh Pemerintah Propinsi Jawa tengah. Burung Kepodang sendiri di alam bebas terdapat 3 jenis Kepodang ialah :

  • Kepodang emas, yang merupakan maskot Jawa Tengah.
  • Kepodang batu.
  • Kepodang kapur.

Sedangkan dari ketiga jenis burung kepodang di atas, Kepodang yang banyak dicari dan merupakan burung favorit penyuka burung ialah dari jenis Kepodang Emas yang merupakan burung Maskot Propinsi Jawa tengah. Kepodang emas mempunyai ciri-ciri badan sebagai berikut :

Ciri burung Kepodang Emas.


  1. Berukuran relatif lebih besar dibanding jenis Kepodang Kapur dan Batu.
  2. Memiliki warna kuning yang cerah, tidak gelap dan tidak kusam.
  3. Warna mata kemerahan dengan paruh berwarna putih agak kekuningan.

Dengan ukuran badan yang lebih besar dibanding 2 jenis kepodang lainnya, menyebabkan bunyi kicauan Kepodang emas terdengar paling keras diantara Kepodang jenis Kapur dan Batu.

Kepodang kerikil dan Kepodang kapur secara sekilas memang cukup menyerupai dengan jenis Kepodang Emas, namun di alam bebas mempunyai habitat hidup yang berbeda. Kepodang Kapur lebih banyak mendiami kawasan perbukitan dan pegunungan, sedangkan Kepodang kerikil biasanya cenderung hidup di kawasan pesisir atau dataran rendah.

Kelebihan dari jenis Kepodang kerikil dan kepodang Kapur ialah lebih gampang mengikuti keadaan dengan lingkungan baru, kalau kita memeliharanya di rumah, meskipun kicauan atau suaranya tidak sekeras Kepodang emas.

Makanan kepodang.

Jika Sobat ingin memelihara burung Kepodang sebagai klangenan di rumah untuk didengarkan kicauannya, maka Sobat perlu memperhatikan makanan harian dan cara merawatnya sehingga burung sanggup hidup dan rajin berbunyi. Pakan dan perawatan yang sanggup Sobat berikan pada Kepodang ialah sebagai berikut.

Burung Kepodang sanggup juga kita berikan Voer kering sebagai pakan wajib yang selalu tersedia di dalam sangkarnya. Selain voer kering, kita sanggup juga berikan buah-buahan menyerupai Pisang, Pepaya, Apel, Jambu dan lainnya yang pertolongan dan porsinya sanggup dibentuk selang-seling. Buah-buahan baik diberikan pada burung Kepodang sebagai makanan penambah nutrisi dan gizi alami. 

Selain buah-buahan dan voer, Kepodang juga sanggup kita berikan pakan berupa serangga menyerupai Jangkrik, meskipun tidak semua kepodang juga menyukai pakan menyerupai jangkrik.

Karena burung Kepodang jenis burung berukuran badan besar dan pemakan buah-buahan, maka perawatan dan kebersihan sangkarnya sangat memilih kesehatan dan juga sikap keseharian burung di dalam sangkar.

Sedangkan untuk perawatan mandi burung, Kepodang sanggup saja dikondisikan dengan cara mengamati sikap burung, apakah menyukai mandi disemprot atau mandi dengan cara mandi sendiri di dalam cepuk air.

Satu hal yang perlu Sobat kicau perhatikan dan pertimbangkan sebelum memelihara Kepodang di rumah, untuk diketahui bahwa burung kepodang termasuk hewan/satwa yang dilindungi sebab keberadaannya yang sudah sangat sedikit dan hampir punah sebab perburuan manusia. Jadi, mari berbuat bijak dalam mengeksploitasi  satwa di sekitar kita sehingga keberadaannya tidak hingga habis dan punah. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Kepodang Sikuning Dilindungi Yang Hampir Punah"

Total Pageviews