Latest News

Perawatan Ekstra Untuk Burung Pleci Dikala Mabung

Hampir semua burung mengalami masa-masa ini, dimana bulu burung berjatuhan satu persatu dan jati diri burung akan ciut. Inilah juga yang dialami oleh pleci, pada saatnya pleci akan melewati fase moulting atau ngurak kemudian mereka akan mengganti bulu usang mereka menjadi gres dan mengkilat.




Pada artikel ini kita akan mencar ilmu bagaimana perawatan yang sempurna ketika pleci mabung, kenapa membutuhkan perawatan yang benar? alasannya yakni masa mabung yakni fase yang sangat menyiksa burung, pertama bulu mereka yang menutupi hampir seluruh tubuh mereka rontok tentu ini akan menciptakan pleci kehilangan kepercayaan diri mereka. 

Kedua masa perontokan dan masa menumbuhkan bulu gres itu sangat menguras tenaga, jadi mereka memang membutuhkan banyak kandungan protein yaitu keratin ketika mabung tetapi tidak semua majikan mengerti hal ini atau ada yang sangat mengerti bila pada ketika mabung pleci membutuhkan protein tetapi tidak sesuai takaranya, dosis protein yang sesuai ketika burung mabung yakni 20% jadi bila lebih dari itu protein malah menciptakan birahi burung naik dan mereka akan sering berkicau ini pun juga tidak baik.


Pakan yang direkomendasikan:
- jangkrik
- telur rebus
- papaya
- belalang kecil

2. Memastikan burung mabung total ( ambrol ) - kenapa hal ini dilakukan? alasannya yakni kebanyakan burung tidak mabung secara total, burung menyerupai ini sulit menemukan performa terbaiknya sehabis masa nyulam.

Ada trik khusus menciptakan pleci ambrol yaitu dengan menunjukkan mereka susu bubuk dan campur dengan voer serta kroto, lakukan hal ini hingga 4-7 hari hingga bulu ambrol gres kita stop menunjukkan mereka hal ini.

2. Kerodong pleci - pada ketika anda menyadari pleci kesayangan mulai merontokan bulu-bulunya pastikan anda mengerodong mereka full jangan hingga ada cahaya masuk, ini dilakukan alasannya yakni burung tidak memerlukan kandungan yang didapat dari cahaya sinar matahari malah bila tetap dipaksakan dijemur cairan pembungkus kulit memang dipakai burung untuk menumbuhkan bulunya akan mengering dan pecah, jadi pastikan anda hanya menaruh mereka ditempat yang damai supaya mereka sanggup istirahat total. Anda juga sanggup sedikit membuka kerodong sangkar mereka setengah pada hari ke 5 masa mabung.

3. Jangan paksa mereka bunyi - saat fase ini kembali saya ingatkan untuk mengistirahatkan pleci biarkan mereka memulihkan kondisi mereka dahulu, jangan paksa mereka untuk berbunyi contohnya dengan santunan pakan yang berpotensi meningkatkan birahi atau multivitamin. Banyak orang juga masih saja memasterkan pleci dengan pancingan bunyi pleci betina ataupun isian dari bunyi pleci lain. ( download bunyi pleci betina untuk pancingan jantan disini )

4. Jangan memandikan pleci - hal ini sanggup dilakukan atau tidak, alasannya yakni banyak para master tetap memandikan pleci ketika mabung, tetapi perlu diingat pada proses perontokan bulu burung tidak butuh diberikan air alasannya yakni hal ini akan menghambat proses perontokan. Mandikan pleci ketika mereka menumbuhkan bulu mereka bukan disaat perontokan bulu.
Sekian artikel ini semoga bermanfaat.


0 Response to "Perawatan Ekstra Untuk Burung Pleci Dikala Mabung"

Total Pageviews