Latest News

Perawatan Murai Mabung Tumbuh Ekor


Tips burung - Salah satu daya tarik dan eksotisme dari Burung Murai batu yaitu ekornya yang panjang menjuntai, apalagi bila sedang bertarung maka ekor Murai watu akan dilecut-lecutkan naik turun sehingga menjadi daya tarik tersendiri yang menyaksikannya.
Namun apa kesannya bila burung dalam proses mabung yang hampir simpulan dan ekornya sedang mulai tumbuh, tentunya harus dilakukan perawatan khusus sehingga proses pertumbuhan ekornya tidak terhambat dan tumbuh sempurna.

Murai dorong ekor
Untuk itu kita perlu melaksanakan perawatan dan penanganan khusus pada burung Murai watu yang sedang proses tumbuh ekornya, atau istilah dalam kicau mania sedang dorong ekor. Berikut ini cara dan tips merawat Murai yang sedang proses tumbuh ekor.

Memang proses mabung berlangsung cukup memakan waktu dan diperlukan kesabaran merawatnya sehingga bulu-bulu burung Murai dapat tumbuh tepat dan elok terutama belahan ekornya. Jangan hingga ekor Murai tumbuh hanya sedikit atau pendek saja sebab gangguan pada dikala proses tumbuh ekor tersebut, berikut ini tips perawatannya.

Perawatan burung Murai watu sedang tumbuh ekor.


  • Berikat jangkrik 4-5 ekor setiap hari pada pagi dan sore hari.
  • Untuk kroto lebih baik diberikan 2x saja dalam seminggu sebanyak 1 cepuk pakan daerah kroto.
  • Mandikan burung dalam kandang saja memakai cepuk air yang besar.
  • Penjemuran dapat tidak boleh sementara atau dapat juga dilakukan sesekali penjemuran dengan waktu sekitar 10-15 menit saja.
  • Kerodong kandang full selama masa dorong ekor, dan yang perlu diperhatikan yaitu pakan jangan hingga kehabisan sebab dikerodong.
  • Ada yang menyampaikan bila masa mabung yaitu masa efektif pemasteran, jadi pada dikala dorong ekor dan kandang dalam keadaan dikerodong, burung dapat diisi dengan bahan masteran laguan baru.


0 Response to "Perawatan Murai Mabung Tumbuh Ekor"

Total Pageviews