Latest News

Mengenal Jenis Murai Kerikil Yang Menjadi Primadona Di Indonesia

Anda pecinta burung? Jika ya, niscaya ingin tahu lebih banyak mengenai jenis-jenis burung yang ada, baik jenis burung yang terdapat di wilayah Indonesia maupun luar. Kali ini, kami akan menunjukkan warta mengenai jenis murai khususnya yang ada di Indonesia.
Saat ini popularitas burung murai kian naik, terutama dikalangan pecinta burung. Selain huruf fisiknya yang khas, kicauannya yang merdu menjadi alasan mengapa orang-orang banyak yang menyukai murai. Tidak hanya untuk dipelihara, murai juga sering diikutsertakan dalam kontes atau lomba burung kicau. Berikut ini, beberapa jenis murai yang perlu anda ketahui.



Beberapa jenis dari murai watu yang perlu diketahui


Murai Batu Kalimantan (Borneo)

Karakterisitik jenis murai watu asal kalimantan ini tergolong unik, panjang tubuhnya hanya sekitar 8-13 cm, mempunyai ekor yang cukup panjang. Warna bulu biasanya perpaduan antara hitam dengan coklat dibagian paruh membujur ke bawah.

Sedangkan untuk suara, kicauannya tidak terlalu nyaring dengan melodi yang berulang. Sifat burung jenis ini dikala bertarung terlihat gagah, alasannya ialah tampak seolah membusungkan dada, terkesan garang dan galak. Dengan huruf demikian, jenis murai asal kalimantan ini bisanya mempunyai kelas tersendiri dikala mengikuti kontes, tidak bergabung dengan jenis burung murai lainnya.

Jenis murai watu kalimantan biasanya dibedakan menjadi dua yaitu murai watu banjar dan murai watu palangkaraya. Untuk murai watu banjar, ekornya lebih panjang daripada murai watu palangkaraya.

Kisaran harga: Rp 200.000 - Rp 500.000

Murai Batu Nias (Black Tail Shoma)

Berbeda dengan jenis burung murai dari kawasan lain, bulu murai watu nias seluruhnya berwarna hitam. Tidak ibarat kebanyakan jenis lain yang mempunyai corak warna. Kicauannya nyaring dan lantang, namun seringkali dikala berhadapan dengan jenis murai watu yang berwarna hitam putih, burung ini terkesan aib atau minder.

Kisaran harga: Rp 2.000.000 - Rp 5.000.000

Murai Batu Lampung

Untuk jenis murai watu asal Lampung, mempunyai karakteristik ekor keras dan kaku, panjangnya berkisar antara 12-18 cm. Untuk kicauannya sama dengan jenis asal Kalimantan yaitu suka mengulang-ulang, namun hal ini sanggup dilatih untuk menambah melodi kicauan lain. Tidak terlalu menonjol dalam hal gaya bertarung, namun kelebihannya terletak pada stamina, jenis burung ini cukup besar lengan berkuasa dan tahan usang ketika bertarung alasannya ialah tidak gampang lelah.

Murai Batu Aceh

Meski huruf fisik kecil, namun ekor jenis burung ini tidak mengecewakan panjang yaitu antara 19-29 cm dengan bentuk yang melengkung ke bawah dan tipis. Banyak mempunyai kelebihan ibarat besar lengan berkuasa dikala bertarung, variasi kicauan banyak dan panjang sambil diiringi suara-suara tinggi. Daerah sebaran burung murai watu aceh diantaranya Lhoong, Keude Bieng, Angse dan Peg. Seulawahsabang.

Kisaran harga: Rp 1.000.000 - Rp 5.000.000

Murai Batu Lahat

Jenis Burung Murai Batu Lahat ialah jenis Burung Murai yang paling banyak beredar di pasar burung. Panjang ekor sekitar 19-23 cm dengan karakteristik ekor ada yang tebal dan tipis. Memiliki mental petarung yang baik dan variasi bunyi yang bermacam-macam.

Murai Batu Medan

Jenis murai watu medan ialah yang paling banyak diburu oleh pecinta burung alasannya ialah banyak mempunyai kelebihan, yaitu:

- Badan besar dengan kisaran panjang sekitar 27-30 cm.
- Corak warna menarik dengan perpaduan warna hitam, putih dan orange.
- Memiliki bunyi kicauan yang indah serta banyak variasi.
- Volume bunyi cukup tinggi, diatas rata-rata.
- Daya saing dikala bertempur cukup baik, garang dan mempunyai mental petarung.

Dengan banyak sekali karakteristik diatas, tak heran kalau harga yang ditawarkan terbilang mahal dan banyak peminatnya. Saaat anda berniat membeli burung jenis ini, anda harus jeli dalam menentukan alasannya ialah banyak para penjual burung yang sering mengaku jenis murai watu medan padahal bahwasanya dari jenis

Kisaran harga: Rp 1.700.000 - Rp 3.500.000

Nah demikianlah warta wacana burung murai yang sanggup kami berikan kepada anda. Harga yang kami cantumkan untuk setiap jenis burng, bukanlah harga pasti, hanya sekedar referensi. Harga bahwasanya tentu menyesuikan dengan jenis, kualitas, harga pasaran serta prestasi dari burung. Semakin banyak lomba yang telah dimenangkan burung, maka harganya juga akan semakin mahal.

Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk anda semua.

0 Response to "Mengenal Jenis Murai Kerikil Yang Menjadi Primadona Di Indonesia"

Total Pageviews