Latest News

Cara Menciptakan Sangkar Ternak Kenari Paling Murah

Cara Membuat Kandang Ternak Kenari Paling Murah Cara Membuat Kandang Ternak Kenari Paling Murah
Kandang Ternak Kenari

Membuat kandang untuk beternak burung kenari sudah semestinya harus memperhatikan kenyamanan burung kenari.
Burung kenari dapat di katakan sebagai burung yang tidak rewel dalam pemeliharaannya. Makara tidak membutuhkan perlakuan khusus, sehingga dalam menciptakan sangkar ternak kenari tidak terlalu sulit.

Untuk menciptakan sangkar ternak kenari, tidak ada ukuran baku yang harus di terapkan sebagai ukuran standar kandang untuk berkembang biaknya.
Asal tidak terlalu sempit dan nyaman, kenari akan tetap berkembang biak dengan baik. Tentu juga dilarang lupa, bahwa kebutuhan nutrisi burung kenari harus selalu di perhatikan sebagai faktor penunjang keberhasilan beternak burung kenari.

Wiraternak sendiri pernah melihat sebuah peternakan burung kenari di Jogjakarta, dengan ukuran sangkar ternak kenari yang berdasarkan wiraternak terlalu sempit.
Dengan ukuran panjang 30cm, lebar 40cm dan tinggi 40cm, kenari tetap sanggup berkembang biak dengan baik. Bahkan kenari yang di pelihara tersebu yaitu kenari F1 dan F2, bukan kenari-kenari lokal yang mempunyai postur lebih kecil.

Seperti yang wiraternak tulis sebelumnya, tidak ada ukuran baku atau ukuran ideal dalam membuat sangkar ternak kenari.
Ukuran sanggup di katakan ideal dikala kenari yang Anda pelihara sehat dan menghasilkan anakan atau berkembang biak dengan baik.
Begitu juga dengan material atau materi baku untuk menciptakan kandang, tidak ada hukum baku yang mengharuskan sangkar ternak kenari di buat dari materi baku tertentu.

"Video sangkar ternak kenari sistem koloni"

Kandang untuk beternak burung kenari dapat di katakan ideal, apabila sangkar peternakan burung kenari mempunyai beberapa point di bawah ini.
Point di bawah ini juga sanggup di jadikan sebagai barometer sangkar ideal untuk beternak burung kenari.

1. Ruang Gerak Yang Memadai
Mengingat burung kenari yang di pelihara untuk tujuan ternak, maka ruang gerak dalam sangkar kenari harus memadai.

Apabila sangkar untuk beternak burung kenari yang terlalu sempit, dikala anak kenari sudah mulai keluar dari sarang, sangkar kenari akan terasa penuh dan tidak nyaman bagi burung kenari tersebut.
Kandang ternak kenari yang terlalu sempit juga akan menghasilkan kadar amoniak yang tinggi.

2. Sirkulasi Udara Yang Bagus
Mendesain sangkar ternak kenari harus memperhatikan sirkulasi udara yang manis untuk kesehatan burung kenari yang di ternakkan.

Kurangnya sirkulasi udara, akan mengundang penyakit yang merugikan peternakan burung kenari.
Material yang di gunakan sebaiknya bukan material yang sanggup mengurangi tingkat sirkulasi udara di dalam sangkar ternak kenari.

Disamping material, penempatan sangkar ternak kenari juga harus memperhatikan apakah daerah tersebut mempunyai sirkulasi udara yang manis atau tidak

3. Kandang Ternak Yang Tidak Terlalu Besar
Semakin besar sangkar ternak burung kenari, maka akan semakin sulit dalam melaksanakan perawatan terhadap burung kenari yang Anda ternakkan.
Kecuali pada metode beternak burung kenari sistem koloni.

Kandang ternak kenari ideal yaitu sangkar ternak burung kenari yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Apabila terlalu kecil, sangkar akan terasa pengap dan sirkulasi udara tidak bagus. Apabila terlalu besar, Anda akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan perawatan terhadap burung kenari yang harus menerima perlakuan khusus.

Misal ada salah satu indukan kenari yang sakit, atau apabila peternakan memakai sistem kawin cabut,Anda akan kesulitan dalam menangkap pejantan untuk di pindahkan ke dalam sangkar ternak kenari betina.

Anda  sanggup memakai kemampuan menjangkau tangan Anda sebagai ukuran dalam menciptakan sangkar ternak kenari. Kalau tangan Anda bisa menjangkau setiap sisi dan sudut dari sangkar ternak, maka sangkar sanggup di katakan mempunyai ukuran yang sesuai.

4. Aman Bagi Burung
Usahakan jangan memakai sangkar bambu yang di jual di pasaran dengan tingkat kehalusan jari-jari bambu yang buruk.

Kandang ibarat ini sangat membahayakan bagi burung. Dalam menentukan kandang untuk beternak, sebaiknya kandang yang di gunakan yaitu sangkar dengan jari-jari yang halus.

Selain sangkar bambu,  biasanya para peternak kenari memakai sangkar dari kawat kasa atau streamin. 
Untuk membuat sangkar ternak kenari dengan kawat kasa, sebaiknya menentukan kawat yang mempunyai lapisan.
Kawat tanpa lapisan cenderung sanggup melukai burung kenari yang Anda ternakkan.

Kandang Ternak Kenari Yang Paling Praktis
Beternak burung kenari tidak terlalu membutuhkan ruangan yang luas. Perkandangan yang di butuhkan pun tidak terlalu rumit dimana Anda harus mengikuti desain sangkar dari para peternak burung kenari yang mempunyai modal besar.

Berdasarkan pengalaman wiraternak sendiri dalam menciptakan kandang beternak kenari yang paling murah, yaitu memakai sangkar gantung.

Menggunakan sangkar gantung untuk beternak burung kenari, produktifitasnya tidak jauh berbeda dengan memakai sangkar besi atau sangkar yang Anda desain sendiri.
Disamping itu, dengan memakai sangkar gantung, Anda tidak memuang banyak waktu untuk menciptakan sangkar ternak burung kenari.

Supaya lebih rapi, sangkar gantung yang di gunakan sebagai sangkar ternak burung kenari, di tempelkan berjajar di tembok.
Dengan menempelkan berjajar di tembok, ruangan yang Anda gunakan sebagai ruang beternak burung kenari sanggup menampung jumlah sangkar yang lebih banyak di bandingkan dengan  menggantung sangkar tersebut.

Harga pasaran sangkar gantung berkisar antara 35ribu-45ribu per unitnya. Menggunakan sangkar gantung untuk beternak burung kenari sanggup menghemat anggaran pembuatan kandang.
Kalau menciptakan sangkar ternak burung kenari dengan memakai triplek atau kawat kasa/streamin, tentu akan memakan dana lebih besar di banding memakai sangkar gantung.


Kesimpulan
Kandang yaitu sarana utama dalam setiap wirausaha peternakan, begitu juga dalam peternakan burung kenari.
Membuat sangkar untuk beternak burung kenari tidak harus mahal, tidak harus mewah. Yang menjadi tujuan utama dalam beternak burung kenari yaitu bagaimana kenari yang di ternak sanggup memperlihatkan produksi terbaiknya, sehingga laba maksimal sanggup di capai dalam wirausaha peternakan.


Salam sukses peternakan
Semoga bermanfaat






0 Response to "Cara Menciptakan Sangkar Ternak Kenari Paling Murah"

Total Pageviews